JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Bolabasket Putri Indonesia sudah siap menghadapi pertandingan FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Jordania, 7-13 November 2021. Kekuatan Srikandi sudah hampir terkumpul 100 persen setelah latihan dua bulan di Surabaya sejak 6 September lalu. Mereka yakin bisa wujudkan target promosi ke Divisi A.

"Persiapan kita sudah hampir 100 persen. Selama persiapan kami melakukan lima kali sparring partner. Lawan kami CLS KU-23 dan BBM CLS Knight," terang Asisten Pelatih Timnas Bolabasket Putri July Wong.

Persiapan lama tersebut telah menghasilkan skuad yang diklaim bisa bersaing di ajang tersebut. Sebanyak 12 roster sudah dipilih Pelatih Lin Chi Wen. Mereka adalah Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Agustin Elya Gradita Retong, Kadek Pratita Citta Dewi, Priscilla Annabel Karen, dan Sumiati.

Kemudian ada Yuni Anggraeni, Mega Nanda Perdana Putri, Nathania claresta Orville, Gabriel Sophia, Henny sutjiono, Kimberley Pierre Louis, dan Angelica Jennifer Candra. Sedangkan pemain yang tidak diboyong ke Jordania seperti Felichia Huang Alvira, Aimee Tampu Francienne, Jovita Elizabeth Simon, Natasya Amelia, dan Annisa Widyarni. Nama terakhir ditinggal karena alami cedera lutut. "Ini rooster terbaik pilihan coach. Kita sudah siap bersaing," terang Coach July.

Women's Asia Cup 2021 terbagi dalam dua grup. Grup A ada Lebanon, Syria, dan Iran. Sementara Timnas Bolabasket Putri berada satu grup dengan Kazakhstan dan tuan rumah Jordania di Grup B. Para Srikandi itu akan berjuang di penyisihan Grup B mulai melawan runner up Divisi B 2017 Kazakhstan pada 7 November. Sehari kemudian jumpa Jordania.

Juara di masing-masing grup langsung ke semifinal. Kemudian peringkat dua dan tiga akan saling sikat untuk memperebutkan dua tiket sisa ke semifinal. Juara di Divisi B akan naik kasta ke Divisi A. Divisi A baru saja menyelesaikan pertarungan dengan menahbiskan Jepang sebagai juara. Sementara India terdegradasi ke Divisi B. Nah, nantinya pemenang dari rivalitas Divisi B ini akan mengisi slot yang ditinggalkan India di Divisi A ke depan.

"Lawan kita Jordania dan Kazakhstan di Pool B adalah tim kuat. Mereka memiliki kelebihan dalam postur tubuh yang gede. Tapi kami tidak akan menyerah. Kami akan ajak mereka main cepat karena mereka agak kurang disiplin," terang July yang pernah tangani Timnas Putri 3x3 di Turnamen Kualifikasi Olimpiade Tokyo ini.

July Wong sangat percaya diri dengan kekuatan yang ada saat ini bisa mewujudkan target di FIBA Women's Asia Cup 2021. "Target kami tentu ingin promosi ke Divisi A. Mohon support dan doanya dari masyarakat Indonesia," terang July.

Manajer Timnas Bolabasket Putri Christopher Tanuwidjaja menjelaskan, para pemain sudah tidak sabar ingin bertarung di FIBA Women's Asia Cup 2021. Mengejar tiket promosi ke Divisi A. "Kami jadwalkan timnas berangkat ke Jordania pada 5 November malam dari Cengkareng," ujar Christopher.

Sementara Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi menerangkan bahwa federasi siap mensupport perjuangan Timnas Bolabasket Putri di FIBA Women's Asia Cup 2021. "Kami berharap para pemain berjuang dengan ekstra untuk mewujudkan target promosi ke Divis A. Kami selalu ada dan siap mensupport perjuangan timnas karena timnas adalah representasi dari negara," jelas Nirmala.

Daftar 12 Roster Timnas Bolabasket Putri:

1, Lea elvensia wolobubo kahol
2. Agustin Elya Gradita Retong
3. Kadek pratita citta dewi
4. Priscilla annabel karen
5, Sumiati
6. Yuni anggraeni
7. Mega nanda perdana putri
8. Nathania claresta orville
9. Gabriel sophia
10. Henny sutjiono
11. Kimberley pierre louis
12. Angelica jennifer candra

Pemain yang Tidak Dibawa: 

1. Felichia Huang Alvira
2. Aimee Tampu Francienne
3. Jovita Elizabeth Simon
4. Natasya Amelia
5. Annisa Widyarni (Cedera). ***