PEKANBARU - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) yang melakukan pengabdian di Kampung Besar Seberang Rengat, Inhu, Riau, mengangkat PHBS sebagai program utama, dengan tujuan untuk melawan pandemi Covid-19 yang saat ini kita alami bersama, Senin (22/3/2021).

Anggota Kukerta ini sendiri berjumlah 9 orang berasal dari fakultas berbeda, selain memberikan penegertian dan tata cara PHBS di lingkungan kampung besar seberang mereka juga memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat yang ada di kelurahan kampung besar seberang tersebut.

GoRiau
Selain itu, mahasiswa Kukerta balek kampung membantu para pedagang menempelkan brosur di warung-warung yang mereka miliki agar nantinya brosur yang berisi petunjuk tersebut dapat di baca oleh pembeli maupun masyarakat sekitar.

Ketua tim kukerta balek kampung di Desa Kampung Besar Seberang, Teguh Prayitno mengatakan, bahwa maksud dari edukasi melalui sosialisasi bersama PKK dan masyarakat sekitar adalah untuk membantu dalam penerapan new normal.

"Kita harus menyeimbangkan dengan pola hidup kita yaitu dengan memperlakukan PHBS di kehidupan kita," kata Teguh.

Menurutnya, kebanyakan masyarakat masih salah persepsi dengan penerapan new normal, mereka menganggap dengan berlakunya new normal. Maka segala aktivitas bisa dilakukan dengan bebas seperti sebelum terjadi pandemi.

"Padahal masa new normal merupakan saat dimana kita tetap harus memperhatikan pola hidup sehat dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Ini demi membantu pemerintah mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tukasnya.

‘Sebelumnya, Tim Kukerta Kampung Seberang juga melaksanakan program belajar berkelompok bersama adik-adik sekolah dasar kelas 1-6 yang bertempat pada posko kukerta. Dan juga tim kukerta membagi makanan bergizi berupa bubur kepada anggota posyandu di lingkungan RT 1 Kampung Besar Seberang Rengat.

Tim juga melakukan pembuatan taman apotik hidup bersama PKK, dan juga melakukan penamaan jalan yang ada di sekitar Kampung Besar Seberang dan yang terkhir tim kukerta melakukan pembagiaan masker dan handsanitizer kepada masyarakat sekitar,’’ jelasanya. ***