JAKARTA -- Usai makan sahur biasanya mata masih mengantuk, sehingga banyak yang melanjutkan tidurnya. Kebiasaan tidur usai sahur, ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari MNC Portal yang mengutip dari berbagai sumber, Sabtu (17/4), berikut empat bahaya kesehatan bila tidur setelah makan sahur yang mengintai:

1. Tubuh cepat gemuk

Jangan biasakan tidur setelah makan sahur karena tubuh Anda mudah mengalami peningkatan berat badan. Nantinya, akan ada esktra kalori yang menimbun di sekitar tubuh karena terjadi gangguan metabolisme yang membuat tubuh sulit membakar kalori.

Maka dari itu, hindari kebiasaan buruk ini supaya tidak mudah mengintai Anda dalam jangka panjang.

2. Memicu Asam Lambung

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Vivien Maryam, Sp.PD mengatakan, tidur setelah makan berbahaya. Sebab bisa memicu penyakit asam lambung atau gastroesofageal refluks disease (GERD).

''Jangan tidur sesaat setelah makan. Ini bisa menimbulkan GERD (gastroesofageal refluks disease),'' ujarnya kepada MNC Portal.

Dokter Vivien melanjutkan, kondisi ini adalah makanan yang sudah tertelan masuk ke lambung akan kembali ke saluran esofagus jika kita dalam posisi terbaring (tidur) sesaat setelah makan. Dengan begitu bisa mengakibatkan heart burn atau rasa panas di dada akibat asam lambung yang naik ke wilayah esofagus.

3. Gangguan saluran pencernaan

Normalnya, pengosongan lambung manusia berlangsung sekira dua jam setelah makan. Namun, posisi berbaring saat kita tidur dapat menghambat proses pengosongan lambung.

Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit dapat terjadi. Tergantung bahan makanan apa yang masuk ke dalam perut, oleh karena itu untuk menghindari makanan akan lemak, gula dan kafein dalam menu sahur. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran, agar proses pencernaan semakin lancar.

4. Rentan stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang paling ditakuti oleh manusia, stroke dibagi menjadi dua bagian yaitu stroke penyumbatan dan stroke pendarahan. Jenis yang berhubungan dengan kebiasaan tidur setelah sahur adalah stroke penyumbatan, alasannya dikarenakan bahwa saat tidur aliran darah ke otak harus tetap terjaga sesuai kebutuhan.

Apabila lambung sedang menjalankan kegiatan yaitu menggiling makanan, maka suplai aliran darah akan menjadi terbagi. Dalam jangka panjang jika kebiasaan ini terus dilakukan, otak dapat kekurangan oksigensehingga mengakibatkan stroke.***