PANGKALANKERINCI – Tenaga honorer guru di Kabupaten Pelalawan, Riau tengah melengkapi berkas pendataan untuk diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan, H Abu Bakar kepada GoRiau.com, Senin (2/10/2022) mengatakan, para tenaga honorer guru di Pelalawan sedang melengkapi berkas pendataan.

Hal itu menyusul adanya wacana penghapusan tenaga honorer oleh pemerintah pusat dan pengangkatan P3K. "Untuk P3K guru, sampai saat ini kita masih dalam pendataan. Jadi kita masih fokus pada pendataan," ungkapnya.

Abu Bakar menyebutkan, para tenaga honorer pengajar itu diminta untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan, sebagai bahan pengajuan.

Pendataan perlu dilakukan untuk memastikan jika tenaga honorer yang ada benar-benar masih bekerja di Dinas Pendidikan yang dibayar melalui APBD.

"Untuk berkas yang dibutuhkan, yakni mulai dari SK awal sampai yang terakhir tahun 2022. Kita harus memasukkan data itu ke aplikasi kita," terangnya.

Setelah pendataan ini diharapkan para tenaga honorer guru bisa diangkat menjadi P3K. Ditargetkan pada tahun 2023 seluruh guru honorer sudah diangkat menjadi P3K.

"Untuk tahun ini kalau tidak ada halangan InsyaAllah 961 tenaga honorer guru yang kita ajukan untuk diangkat P3K," sebutnya.

Disampaikannya, setelah pendataan dan melengkapi berkas selesai, maka tahap selanjutnya akan dibentuk tim penilai yang terdiri dari BKPSDM dan Disdikbud Pelalawan.

"Bupati juga menyampaikan, kedepan tidak akan ada pemberhentian tenaga honor," pungkas Abu Bakar.***