JAKARTA - Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno resmi memperkenalkan Rumah Siap Kerja. Rumah Siap Kerja tersebut merupakan solusi Prabowo-Sandi untuk mengurangi tingkat pengangguran kaum muda Indonesia.

Pada kesempatan perkenalan konsep Rumah Siap Kerja, diperlihatkan beberapa fasilitas yang menarik seperti. Di antaranya yakni fasilitas pencarian lapangan kerja yang akan dihubungkan dengan banyak situs pemerintah dan swasta untuk para pencari kerja, pelatihan-pelatihan yang kekinian sesuai dengan minat dan bakat serta keadaan pasar saat ini.

"Ada pelatihan pembuatan kopi dan menjadi barista kopi, pelatihan minat dan bakat desain grafis dan social media konten yang positif, pelatihan makanan ringan dan packaging yang menarik dan sehat serta tidak lupa, Rumah Siap Kerja menyediakan pelatihan khusus bagi para kaum muda difable yang mencari pekerjaan serta pelatihan," kata Sandi di Rumah Siap Kerja, Jalan Wijaya I Nomor 26, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Dalam kesempatan ini, Sandi mengungkapkan, Rumah Siap Kerja melibatkan banyak unsur masyarakat seperti komunitas Jakarta Berlari, Gerakan Milenial Indonesia, Gerakan OK OCE Indonesia serta seluruh gerakannya di Indonesia.

"Rumah Siap Kerja membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk bekerja sama termasuk dari sektor swasta untuk meluaskan sayap Rumah Siap Kerja," ungkapnya.

Selain itu, Rumah Siap Kerja juga bisa menjadi sarana membangun jaringan antara anak-anak muda untuk berdiskusi dan berbagi pengalama, serta memberikan jaringan dan akses terhadap beasiswa-beasiswa nasional dan internasional.

Ada perbedaan antara OK OCE dan Rumah Siap Kerja. OK OCE adalah program penciptaan lapangan kerja yang digagas oleh Sandi untuk menolong mereka yang ingin berwirausaha, serta memberikan keleluasaan bagi mereka yang ingin menentukan masa depan mereka dengan berwirausaha.

Sedangkan Rumah Siap Kerja adalah program dan fasilitas untuk mempermudan anak-anak muda mencari pekerjaan, memberikan bimbingan karir, minat dan bakat serta mempersiapkan mereka menjadi angkatan kerja yang inovatif, kreatif dan tangguh untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Perhatian Bagi Angkatan Kerja Perempuan dan Difable

"Ekonomi yang adil makmur sesuai konsep Prabowo-Sandi adalah Ekonomi yang membuka seluas-luasnya kesempatan bagi warga negara Indonesia termasuk kaum perempuan dan difable. Kami hadir untuk membantu mereka dengan memberikan fasilitas tentunya motivasi untuk tidak kalah bersaing," papar Sandi.

Ia menambahkan, Prabowo-Sandi ingin representasi kaum difable dalam dunia kerja semakin banyak dan mereka semakin berdaya. Tidak lupa Sandi mengatakan, penciptaan lapangan kerja dan akses juga diberikan bagi kaum perempuan agar memiliki tempat yang nyaman dan mudah di akses bagi mereka Ia mengatakan angkatan kerja perempuan amat potensial bagi pemberdayaan ekonomi Indonesia.

"Kami hadir untuk mereka yang tidak mimiliki kesempatan, akses dan terpinggirkan, Prabowo-Sandi, Insha Allah akan terus berjuang untuk mereka" katanya.

Pada tahun 2030-2040, Indonesia akan menghadapi masa bonus demografi yaitu jumlah penduduk produktif akan jauh lebih besar daripada jumlah penduduk yang tidak produktif.

Menurutnya, ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah ini, sudah seharusnya diimbangi dengan peningkatan kualitas angkatan kerja dan keterampilan dari para kaum mudanya untuk menghadapi tantangan dunia global.

"Indonesia yang telah memasuki era pasar bebas atau pasar global dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana persaingan semakin ketat dan persaingan kapital yang cukup tinggi. Dengan hadirnya Rumah Siap Kerja, Prabowo-Sandi hadir untuk mengatasi kelemahan ekonomi dan ketersediaan lapangan kerja dan penciptakan lapangan kerja untuk membangun ekonomi yang merata bagi masyarakat Indonesia," beber Sandi.

Rumah Siap Kerja adalah Pusat layanan terpadu satu pintu untuk memberikan kemudahan kepada khususnya anak muda untuk mendapatkan akses kepada lapangan kerja, bimbingan karir, pelatihan, kewirausahaan dan beasiswa. Semua layanan ini disediakan dalam satu rumah yang sekaligus mefasilitasi kegiatan anak muda, berbagi pengalaman, membangun menjaringan secara positif dan kreatif.

Saat Prabowo-Sandi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 nanti, Prabowo- Sandi akan mencanangkan RUMAH KERJA sebagai suatu program pembuka lapangan kerja dan peta kewirausahaan, yang dijalankan oleh Kementerian yang yang bertanggungjawab menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kepemudaan pada kabinet Prabowo-Sandi (Kementerian Pemuda).***