PEKANBARU - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan berbagi. Pahala ibadah selama Ramadhan akan dilipatgandakan, termasuk dengan bersedekah.

Bersedekah memiliki sejumlah keutamaan, tidak hanya bagi si penerima, namun juga bagi yang menyisihkan hartanya. Orang yang bersedekah akan senantiasa merasa tenang hatinya. Terlebih dalam kondisi pandemi covid-19, ada banyak orang yang membutuhkan bantuan.

Denan berbagi, maka akan begitu membantu saudara-saudara yang saat ini mengalami kesenjangan ekonomi. Dampak covid-19 membuat masyarakat begitu terpuruk secara ekonomi.

Atas dasar itulah, Anggota DPD RI, Misharti bersama jajaran pengurus Koperasi Marwah Riau Sejahtera pada Kamis (29/4/2021) membagikan ratusan paket buka puasa kepada pengguna jalan dan fakir miskin di Pekanbaru.

Paket buka puasa tersebut kata Misharti, murni dikumpulkan oleh anggota Koperasi yang mayoritas adalah pelaku UMKM di Riau dengan cara iuran. "Kami melakukan aksi peduli dan berbagi saat bulan Ramadan, bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya di Riau, agar peduli kepada sesama apalagi yang saat ini sedang membutuhkan," ujarnya.

Masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai kata Misharti, juga menuntut semua pihak untuk bahu membahu dalam aksi sosial. "Apabila kita memang diberikan rizki yang lebih, mari kita sama-sama bergotong royong membantu masyarakat yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19," ajak Senator Riau itu.

"Setidaknya, aksi sosial ini di dalam agama juga sangat dianjurkan. Bahkan Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan kita sebagai umatnya harus menirunya. Banyak berinfak, sedekah," timpalnya.

Aksi sosial ini kata Misharti, bukan hanya dilaksanakan pada bulan puasa. Namun sudah menjadi komitmen dan agenda rutin yang akan dilaksanakan Koperasi Marwah Riau Sejahtera.

"Meski Koperasi Marwah Riau Sejahtera ini baru berdiri atau baru diresmikan jelang bulan suci Ramadan, namun semua anggota kami memiliki keahlian dan kemampuan untuk memproduksi barang-barang UMKM yang kedepannya juga diharapkan bisa memberi manfaat bukan hanya ke anggota, tapi juga ke masyarakat luas," harapnya.

Selain itu, lanjut puteri almarhumah Maimanah Umar itu, menjelang Idul Fitri, Koperasi Marwah Sejahtera juga mengadakan bazar sembako murah. "Bazar ini juga bagian dari upaya kami untuk meringankan beban masyarakat jelang lebaran," pungkasnya.***