TELUKKUANTAN - Sebanyak 1.260 karyawan dari dua perusahaan di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sempat dirumahkan akibat Covid-19. Rinciannya, PT Tri Bhakti Sarimas (TBS) sebanyak 1.153 orang dan PT Sumber Graha Sejahtera (SGS) sebanyak 107 orang.

"Dari jumlah tersebut, sebagian sudah kembali kerja dan masih ada yang dirumahkan. Untuk SGS, itu sudah kembali kerja semuanya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kuansing, Mardansyah, Selasa (23/6/2020) di Telukkuantan.

Untuk TBS, lanjut Mardansyah, baru sebagian karyawan yang kembali kerja. Setelah adanya komunikasi antara direksi perusahaan dan karyawan, diambil kesepakatan adanya pembatasan jam kerja.

"Dalam hal ini, PT TBS sudah menjakankan prosedur yang ada. Dimana, manajemen menyampaikan kondisi keuangan perusahaan secara terbuka. Akibat Covid-19 ini, memang ada beberapa sektor usaha yang terganggu," ujar Mardansyah.

Untuk perusahaan di Kuansing, Mardansyah mengingatkan agar senantiasa memperhatikan protokol kesehatan. Jangan sampai, perusahaan di Kuansing menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Pihak perusahaan wajib menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, kemudian masker untuk karyawan. Sehingga, perusahaan tetap beroperasi dan karyawan tetap sehat," ujar Mardansyah.***