PEKANBARU - Meski sama-sama mengadakan kunjungan ke Riau, namun Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subiyanto beda lokasi kunjungan.

Dari informasi yang didapat GoNews.co, Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan Prabowo melakukan orasi politik di Kota Pekanbaru.

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau, Abdul Wahid mengatakan, kedatangan Jokowi ke Riau bukan dalam rangka kampanye, meski masih dalam tahapan kampanye.

"Itu kunjungan kerja, bukan kampanye. Makanya Tim Kampanye Daerah (TKD) tidak melakukan kegiatan. Jadi tidak ada kesengajaan memilih jadwal," katanya seperti dikutip GoNews.co dari Gatra.com, Selasa (12/3).

Kedatangan Jokowi ke Riau ternyata dalam kapasitasnya sebagai presiden untuk menghadiri peresmian PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, ibukota Kabupaten Pelalawan. Jokowi datang ditemani istri, Iriana.

Dalam jadwal yang ada, Jokowi bertolak dari Jakarta ke Pekanbaru pada Rabu (13/3) sekitar pukul 17:00 WIB. Besoknya Kamis (14/3) baru begerak ke Pangkalan Kerinci.

Di sisi lain, Ketua DPD Partai Gerindra Riau, Nurzahedy Tanjung mengatakan,Prabowo Subianto akan menggelar rapat umum pada Rabu (13/3) di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru.

Prabowo dijadwalkan hadir pagi hari sekitar pukul 09:00 WIB, di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau.

Ketua pelaksana agenda kunjungan Prabowo, H. Husni Thamrin mengatakan, selain pemaparan visi dan misi dari Capres Prabowo, panitia berencana akan menggelar berbagai acara seperti senam Prabowo-Sandi, dan penampilan 1.000 ibu-ibu rebana asal kota Pekanbaru.

"Nanti ada juga deklarasi relawan pemenangan Prabowo-Sandi. Kami Imbau, kepada masyarakat Riau untuk beramai-ramai menghadiri kampanye dialogis Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Rabu tanggal 13 Maret 2019 pukul 09:00 WIB pagi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia acara, Husni Thamrin, mengatakan, semula pihaknya berkeinginan untuk menggelar acara tersebut dilapangan terbuka agar bisa menampung masa yang lebih banyak, namun mengingat acara ini adalah kampanye dialogis tidak dibenarkan digelar diruangan terbuka.

"Selain itu, ada juga kekawatiran panitia dengan kondisi waktu yang mepet. Karena Pak Prabowo selepas dari Riau akan bertolak ke Batam," ujarnya, Minggu (10/3/2019).

Untuk itu kata dia, maka diputuskan acara orasi Prabowo pindah ke Gelanggang Remaja yang berada di Jalan Sudirman.

"Menurut hemat kami, di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru lebih cocok dan kondusif daripada lapangan," ujar Husni yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPD partai Gerindra Riau itu.

Puluhan Ribu Massa Lintas Relawan Siap Menyambut Prabowo

Sekitar 50 ribuan anggota relawan #2019gantipresiden (RGP) Riau, dipastikan bakal menyambut Calon Presiden 02, Prabowo Subiyanto ke Pekanbaru pada 13 maret 2019. Hal ini diungkapkan Ketua DPW RGP Riau, Muhamad Khalid Tobing melalui Wakil Ketua DPW RGP Riau, Lucky Achadi, saat dihubungi GoNews.co, Sabtu (9/3/2019) malam.

"InsyaAllah kita semua turun, kita akan turun total menyambut kedatangan beliau," ujarnya.

Sebagai salah satu ormas yang sudah resmi ditunjuk menjadi Tim Pemenangan Kampanye Paslon 02 kata Lucky, telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka penyambutan sekaligus menyukseskan kegiatan Prabowo selama di Riau.

"Dari Relawan RGP Riau, ada sekitar 5 hingga 10 ribu relawan dari 12 kabupaten/kota akan dikerahkan ke Pekanbaru sambut Prabowo. Ditambah dengan ormas-ormas sayap pendukung Paslon 02 lainya di Riau, InsyaAllah sekitar 50 ribuan massa," tandasnya.

RGP Riau kata dia, akan berkoordinasi dengan Badan Pemenangan Provinsi (BPP) untuk bisa menyukseskan acara.

Terkait dengan informasi yang beredar, bahwa Prabowo akan memberikan orasi di Stadion Utama Riau, Lucky dengan tegas menjawab "tidak". "Kalau di Stadion Utama tidak ya, karena Pak Prabowo ke Pekanbaru akan melakukan orasi di Gelanggang Remaja, bukan Stadion Utama," bebernya.

Rencananya kata Lucky, sebelum memberikan orasi, Prabowo akan disambut dari Bandara SSK II, dengan rute Jalan Sudirman.

"Saat ini RGP sendiri sudah memiliki kepengurusan di 12 kabupaten/kota di Riau. Jadi kita siap menyambut serta memenangkan Prabowo di Riau," ujar Lucky.

Untuk diketahui, Prabowo menurut informasi yang diterima GoNews.co, akan mendarat di Bandara SSK II dengan menggunakan pesawat pribadi.***
Ads