SIAK - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau terus bertambah jumlahnya. Hingga Minggu (18/4/2021) terjadi penambahan 38 orang. Banyaknya penambahan kasus positif Covid-19 ini juga membuat ruang inap RSUD Tengku Rafian Siak penuh. Ada sekitar 80 orang yang saat ini menjalani perawatan di sana.

"Pasien konfirmasi positif Covid – 19 yang dirawat tersebar dibeberapa tempat. Yang dirawat di rumah sakit sekitar Pekanbaru ada sekitar 25 orang, kemudian di RSUD Siak 80 orang, Asrama Haji Siak 55 orang, Isolasi Mandiri / Mess Perusahaan/Rumah 96 Orang. Untuk di pusat kota Siak saja kasus ini cukup tinggi," kata dr Toni Chandra, Kepala Dinas Kesehatan.

Berdasarkan data sementara, total pasien Covid-19 di kabupaten Siak saat ini 2.888 yang terkonfirmasi. Dari angka tersebut tinggal 160 dirawat dan 2.557 sehat dan selesai menjalani isolasi, Tidak semua pasien Covid-19 yang diisolasi di Rumah sakit, ada juga yang melakukan isolasi mandiri yakni sekitar 96 orang. Sementara yang meninggal dunia saat terpapar Covid-19 sekitar 75 orang.

"Kemarin juga ada pasien Covid-19 yang meninggal di RSUD Tengku Rafian Siak, yaitu Tn AB (69). Dan ini ada sekitar 80 orang yang masih dirawat untuk pemulihan dari virus corona ini. Saat ini penambahan pasien positif lebih banyak dibandingkan yang sembuh, data per Minggu kemarin aja yang sembuh cuma 16 orang, sementara yang positif 38 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak, Dr Toni Chandra kepada GoRiau.com, Senin (19/4/2021).

Masih dikatakan Toni, saat ini ada 37 sampel lagi menunggu hasil. Mereka semuanya tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swab.

"Jadi yang dirawat saat ini di RSUD Siak juga ada yang anak-anak, penambahan kemarin ada 7 anak lagi, makanya kita selalu tegaskan kepada masyarakat untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan ini. Karena virus ini cepat sekali menular," kata dr Toni lagi.

Toni mengingatkan masyarakat terkait pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Bila harus keluar, gunakan masker. Rutin mencuci tangan dan menjaga pola hidup sehat dengan makan buah dan sayuran serta berolahraga rutin. ***