MADURA - Striker belia Madura United FC, Ronaldo Kwateh ternyata masih meniti karir sembari sekolah. Dia menceritakan, saat ini tengah mengenyam pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) kelas 1.

Kendati tengah bergabung dengan klub profesional Madura United awal musim 2021, putra kedua mantan pemain di kompetisi domestik Indonesia Roberto Kwateh itu tetap fokus meniti karir sembari sekolah.

Bahkan, bomber berusia 16 tahun itu menyampaikan, tidak merasa terbebani sama sekali ketika sekolah sambil mengikuti turnamen pramusim Piala Menpora 2021 bulan Maret kemarin.

Terkait pembagian waktu antara bermain bola dan sekolah, ia mengaku, terbantu dengan sekolah daring.

“Walaupun, kita ini sambil bermain bola, meniti karir lah, tapi juga jangan lupakan pendidikan, karena itu juga penting bagi saya dan masa depan saya,” cerita Ronaldo yang dikutip dari laman klub, Kamis (29/4/2021).

Akan tetapi, proyeksi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U16 itu menceritakan, rencana ke depannya, ketika sekolah sudah masuk normal seperti biasanya, dia sudah ancang-ancang akan pindah sekolah ke Madura.

Ditambah lagi, pemain berdarah Liberia itu memang memiliki kontrak panjang dengan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab, yakni 3 tahun, plus 2 tahun opsional atau kontrak selama 5 tahun.

Namun hingga sekarang, ia belum mencari referensi terkait sekolah yang berada di Pulau Garam itu. “Belum cari tahu masih, tapi rencananya pindah sekolah ke Madura,” sambungnya.

Tidak hanya Ronaldo yang fokus karir dan pendidikan, begitu juga dengan bek muda Madura United Kadek Raditya Maheswara. Pemain asal Pulau Bali itu tercatat sebagai mahasiswa Universitas Dr Soetomo Surabaya.***