PEKANBARU - Perekaman biometrik jemaah haji menjadi salah satu syarat untuk penerbitan visa. Di mana, proses perekaman biometrik ini akan dilakukan oleh VFS Tashell selaku perusahaan yang ditunjuk oleh Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan perekaman biometrik bagi jemaah di Indonesia.

Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Suhardi mengumumkan, bahwa proses rekam biometrik di Riau sudah dimulai sejak hari Rabu, 13 Maret 2019.

"Perekaman biometrik jemaah haji Riau sudah dimulai sejak kemarin dan untuk jemaah asal Pekanbaru sudah diinstruksikan untuk menghubungi langsung pihak PT VFS Tashell untuk melakukan perekaman," kata Suhardi di Pekanbaru, Kamis (14/3/2019).

Untuk lokasi perekaman biometriknya, kata Suhardi, baru ada satu titik di Jalan Adi Sucipto Pekanbaru. "Akan ada penambahan satu titik lagi untuk perekaman, namun yang sudah ada sekarang baru di Kantor Pos Jalan Adi Sucipto Pekanbaru," ungkapnya.

Lebih lanjut, Suhardi memaparkan, bahwa data calon jemaah haji di Riau yang sudah diinput dan disampaikan ke email PT VFS Tashell melalui indohaj hingga Selasa (12/3/2019) sudah sekitar 2.650 jemaah. Atau lebih dari separuh yang diinput dan dikirimkan ke email VFS Tashell. Pihak Kanwil Kemenag Riau akan maksimalkan dalam minggu ini bisa tuntas, supaya nanti pihak VFS Tashell bisa menyusun jadwal untuk perekaman biometriknya.

"Jadi perekaman biometrik itu baru bisa dilakukan setelah nama jemaah itu sampai ke emailnya indohaj PT Tashell. Sampai hari ini yang sudah masuk dan kita sampaikan ke emailnya indohaj PT Tashell sekitar 2.650 jemaah," bebernya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak VFS Tashell, agar saat perekeman biometrik bagi calon jemaah haji asal Riau nantinya bisa dijadwalkan per-kabupaten kota. "Supaya memudahkan jemaah datang berombongan untuk melakukan perekaman biometrik," ujarnya.

Saat singgung kapan batas waktu perekaman biometrik jemaah haji di Riau berakhir, pihaknya belum bisa menetapkan. Sebab jadwal perekaman biometrik sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihak VFS Tashell. "Itu tergantung pihak PT Tashell, kalau data masuk semua itu bisa langsung dijadwalkan," tandasnya.***