JAKARTAPenampilan cemerlang Indonesia Patriots pada Indonesia Basketball League (IBL) 2021 mencuri perhatian pelatih tim Garuda, Rajko Toroman. Ada lima pemain Patriots yang akan mengikuti latihan bersama tim nasional senior.

“Mereka adalah Yudha Saputra, Ali Bagir Alhadar, Aldy Izzatur Rachman, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane. Dame dan Serigne saat ini tengah dalam proses naturalisasi.

Kelima pemain tersebut sudah mulai berlatih pada awal Mei. Sementara penggawa tim nasional senior lainnya baru mulai gabung setelah playoff IBL 2021 berakhir.

“Latihan akan dipimpin asisten pelatih Youbel Sondakh, Johannis Winar, dan Wahyu Widayat Jati. Coach Rajko baru bergabung pada 26 Mei nanti,” ujar manajer tim nasional basket Indonesia, Fareza Tamrella.

“Tim ini disiapkan untuk windows ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 pada 16 Juni nanti. Bukan tidak mungkin pemain Patriots ini bermain, sema tergantung Coach Rajko,” imbuhnya.

Pemanggilan pemain tim nasional basket Indonesia akan mengacu pada penampilan di playoff IBL 2021. Selain itu, para pemain yang timnya telah gugur juga punya kesempatan.

“Karena babak playoff, semifinal, dan final itu juga menentukan apakah pemain ini benar-benar layak atau tidak dipanggil TC nanti" ujar Fareza. ***