SELATPANJANG - Program Melala (melaksanakan perekaman jemput bola) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau disambut antusias pelajar di kabupaten bungsu di Riau.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Ramdan SPd, melalui Kepala Bidang Layanan Pendaftaran Penduduk (Kabid Dafduk), Khairul SAp, bahwa program 'Melala' merupakan salah satu inovasi dalam memberikan kemudahan pengurusan administrasi kependudukan, yakni e-KTP.

"Program ini dilaksanakan untuk masyarakat Meranti dan anak-anak SMA sederajat. Kami jemput bola ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman bagi pelajar yang berusia 16 tahun keatas. Jadi bagi yang umur 17 bisa langsung dicetak KTP nya, sedangkan untuk umur 16 dipending dulu pencetakan KTP nya setelah mencapai umur 17 atau di hari H umurnya 17 bisa langsung KTP nya," ungkap Khairul, Rabu (27/10/2021) siang.

Dijelaskan Khairul, sejauh ini pihaknya telah melakukan perekaman jemput bola ke sejumlah sekolah, diantaranya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1, SMAN 2, SMAN 3 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Selatpanjang, perekaman juga ditinjau langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH. Kemudian perekaman juga akan dilanjutkan ke sekolah Sekolah Kasih Maetriya (SKM).

"Kalau perekaman untuk kecamatan sudah dilaksanakan semua oleh pihak UPT setempat. Respon dari masyarakat sangat bagus begitu juga dengan kepala sekolah responnya juga cukup tinggi. Hal itu juga terlihat pada anak-anak saat tidak hadir di hari H (perekaman) dan mereka belum merekam karena berhalangan sakit dan sebagainya, besoknya mereka langsung datang ke Capil untuk merekam, jadi anak-anak ini cukup antusias," jelasnya.

Dibeberkan Khairul, Disdukcapil menghadirkan program baru dalam upaya memberikan pelayan kepada masyarakat agar lebih mudah dan sejalan dengan program Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil yakni "Ketuk Pintu Layani dengan Hati" yang diberi nama ‘Melala’ atau melaksanakan layanan rekam jemput bola ini.

Kemudian, program pelayanan publik Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Meranti terus dibenahi untuk mencapai pelayanan prima. Salah satu kebijakan untuk mencapai hal tersebut Disdukcapil melaksanakan pelayanan keliling ke setiap kecamatan dengan pola jemput bola pengurusan dokumen kependudukan masyarakat maupun para pelajar.

"Ini dilakukan agar dalam waktu dekat ini seluruh warga Kepulauan Meranti memiliki dokumen kependudukan. Mudah-mudahan program ‘Melala’ ini memudahkan, menyenangkan dan membahagiakan masyarakat maupun anak-anak sekolah," harapnya.***