JAKARTA - Penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang memunculkan kampiun Persija Jakarta mendapat apresiasi pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Satgas Penanganan Covid-19. Turnamen pramusim ini diapresiasi karena telah berjalan dengan baik dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

“Prinsipnya penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora berlangsung sukses. Baik evaluasi penyelenggaraan, evaluasi pengamanan, dan penerapan protokol kesehatan cukup baik,” kata Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi penyelenggaraan Piala Menpora di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora ini, diakuinya menjadi poin untuk bisa menyelenggarakan kegiatan yang akan datang. “Tentu ini menjadi poin pada penyelenggaraan event-event berikutnya,” jelas Imam.

Di sisi lain, jenderal bintang dua ini menyayangkan oknum suporter yang sempat berulah usai final leg kedua Piala Menpora. Polri, menurutnya, tengah menyelidiki kejadian kerumunan di Jakarta maupun perusakan di Bandung.

“Cukup disayangkan, kegiatan yang sudah berjalan dengan baik dan sukses, dicederai oleh beberapa oknum. Kita lihat kemarin oknum suporter berkerumun di Bundaran HI,” ujar Imam

“Kepolisian masih melakukan pendalaman. Manakala nanti hal ini menyumbang pelanggaran protokol kesehatan, maka Polri akan bersikap tegas dalam mengambil tindakan kepolisian yang terukur dalam memproses,” sambungnya.

Lebih lanjut, Imam juga menyayangkan sikap dari oknum pendukung Persib Bandung yang meluapkan kekecewaannya dengan melakukan perusakan dan sweeping. Dia berharap, suporter sepak bola di Tanah Air terus diberi edukasi agar tidak melakukan hal serupa.

“Rapat tadi sudah disampaikan, ini tanggung jawab bersama. Suporter klub harus diberi edukasi untuk menjaga perilaku. Semoga dengan evaluasi ini, kita bisa menyelenggarakan event lebih baik lagi,”tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purnawirawan) Alexander K Ginting menilai protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik saat turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

“Satgas mengapresiasi tentang penyelenggaraan (Piala Menpora) yang telah dilakukan dengan baik. Bagi satgas, menjaga keamanan serta keselamatan masyarakat adalah hal utama. Protokol kesehatan harus terus diterapkan, ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Sehingga kegiatan olahraga tetap bisa mempersatukan kita,” pungkasnya. ***