KELAPA atau dalam istilah ilmiah sering disebut Cocos Nucifera, merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tanaman kelapa diperkirakan berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kelapa telah dibudidayakan di sekitar Lembah Andes di Kolumbia, Amerika Selatan sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Selain itu banyak pendapat para ahli yang menyatakan bahwa tanaman kelapa berasal dari kawasan Asia Selatan Malaysia atau dari Pasifik Barat ( tanaman tropis).

Menurut Warisno, 1998, cara penyebaran tanaman kelapa bisa melalui aliran sungai atau lautan, atau dibawa oleh para awak kapal yang sedang berlabuh dari pantai yang satu ke pantai lainnya.

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan, pohon kelapa digolongkan sebagai Divisi: Spermatophyta,  Klas: Monocotyledoneae,  Ordo: Palmales, Familia: Palmae, Genus: Cocos, Spesies: Cocos Nucifera ( P. Suhardiman, 1994). 

Kelapa memiliki kekayaan yang bisa diambil banyak khasiatnya, mulai dari akar, batang, daun,  dan buah kelapa, semua memiliki manfaatnya masing-masing. Buah kelapa dipercaya dari dulu sebagai buah yang memiliki khasiat bagi tubuh manusia untuk mengobati penyakit.

Manfaat-manfaat lainnya yang terkandung didalam buah kelapa untuk kesehatan:

Menjaga imun tubuh agar senantiasa kuat

Kondisi dunia pada saat ini diserang oleh wabah penyakit yang dikenal dengan virus corona (Covid-19), dimana virus corona menyerang imun manusia yang lemah, oleh sebab itu apabila imun seseorang lemah, tubuh manusia tidak dapat melawan virus yang sudah masuk kedalam tubuh.

Berbeda halnya dengan tubuh manusia yang memiliki imun yang kuat, yang akan mampu melawan virus corona dan mematikannya, sehingga tubuh tidak mudah terserang virus tersebut. Untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat maka dianjurkan mengonsumsi buah kelapa, karena buah kelapa memiliki khasiat menjaga sistem imun agar senantiasa kuat dalam mencegah bahaya penyakit.

Menguatkan tulang

Selain untuk menjaga sistem imun tubuh pada manusia, khasiat lain dari buah kelapa yaitu menguatkan tulang, karena kandungan yang terdapat dalam buah kelapa memiliki cukup banyak kalsium dan juga magnesium yang membantu menguatkan tulang dan mencegah penyakit Osteoporosis.

Menyehatkan jantung

Buah kelapa memiliki lemak alami yang dapat mengusir lemak jahat pada jantung, sehingga jantung akan senantiasa sehat.

Menyehatan sistem pencernaan

Buah kelapa memiliki serat di dalam buahnya yang cukup baik untuk membantu organ pencernaan untuk melancarkan pencernaan.

Buah yang baik untuk ibu hamil

Buah dan air kelapa berfungsi sebagai sumber makanan yang baik untuk ibu hamil. Dalam masa kehamilan, ibu hamil akan cenderung sering muntah dan dengan mengonsumsi air dan kelapa secara rutin, ibu hamil dan janinnya akan tumbuh sehat.

Selain buahnya yang banyak memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia, hampir seluruh komponen tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup yang sangat berguna bagi manusia.

Batang pohon kelapa

Batang pohon kelapa selain dijadikan kerajinan, batangnya bisa dijadikan jembatan penyeberangan yang sangat mudah digunakan, dapat juga dijadikan bahan dasar pembuatan kertas.

Daun kelapa

Daun kelapa bisa dimanfaatkan sebagai atap rumah, anyaman dan sebagai alternatif pakan ternak, sedang batang daun juga bisa dijadikan sapu lidi.

Akar kelapa

Akar dari pohon kelapa dipercaya juga dapat dijadikan obat-obatan herbal untuk mengatasi penyakit.

Batok kelapa

Batok kelapa bisa dijadikan arang untuk memasak, bahan kerajinan tangan, dapat diolah juga menjadi filter rokok

Sabut kelapa

Sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring, lantai, dan dapat dijadikan sebagai  bahan pupuk organik.

Bunga kelapa

Bunga kelapa dapat dijadikan cuka dan pembuatan alkohol dengan cara hasil fermentasi dari getah bunga kelapa, dapat dijadikan obat-obatan tradisional,dan kerajinan tangan.

Di zaman sekarang, manusia kurang menyadari khasiat yang bisa diambil dari pohon kelapa. Keberadaan pohon kelapa  memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia. ***

* Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.