PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution memimpin apel pagi di Markas Praja Wibawa Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau, Senin (11/3/2019). Saat apel, dirinya mengajak Satpol PP Riau untuk menyamakan persepsi dan cara pandang dengan pimpinan.

Hal itu diungkapkan Edy Nasution, Satpol PP merupakan organisasi yang dibentuk untuk membantu pimpinan dalam menerapkan aturan-aturan, baik itu perda dan pergub, serta kebijakan yang diambil pimpinan dalam hal ini Gubernur Riau Syamsuar.

"Tugas yang dilaksanakan Satpol PP, dianologikan sebagai alat untuk membantu pimpinan (Gubernur dan Wakil Gubernur) dalam menegakkan peraturan. Satpol PP ibarat alat membersihkan untuk membersihkan," kata mantan Komandan Korem 031/Wirabima.

Menurut Edy Nasution, bagaimana Satpol PP bisa melakukan pembersihan, kalau alat itu sendiri tidak bersih. Apa yang menjadi ketentuan pimpinan dan sudah dikeluarkan, Satpol PP yang pertama kali menerapkan aturan sebelum Satpol PP melakukan penertiban.

"Untuk itu tertibkan dulu diri kita awal mulanya. Baru bisa menertibkan yang lainnya. Koreksi dan perbaiki dulu diri kita, untuk kita melaksanakan tugas," ungkap Edy Nasution.

Seperti pakaian dinas harian, dikatakan Edy Nasution, Satpol PP harus menjadi contoh bagi aparatur sipil negara lainnya sesuai dengan aturan. Karena tidak mungkin pimpinan menerapkan aturan tanpa adanya bantuan Satpol PP.

"Tugas dan tanggungjawab harus bisa dilaksanakan dengan baik oleh Satpol PP Riau sebagai induk dari Satpol PP kabupaten/kota yang ada di Riau," jelas Edy Nasution. (advertorial)