SELATPANJANG - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Meranti telah dilaksanakan, Rabu (9/12/2015) lalu. Berkat kerjasama Pemda Meranti, KPU, Panwaslu, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang maksimal, pesta demokrasi itupun berjalan lancar tanpa hambatan.

Sebelum memasuki hari pencoblosan tanggal 9 Desember 2015, Pemda Meranti menggelar beberapa kali rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk membicarakan masalah Pilkada di Kota Sagu. Beberapa hal yang dianggap kendala diselesaikan sedini mungkin, ini merupakan antisipasi agar saat pencoblosan tidak adalah masalah, dan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Berkat kerjasama dan doa dari banyak pihak, Alhamdulillah tanggal 9 Desember 2015, masyarakat Kepulauan Meranti menjadi pelaku sejarah untuk perjalanan pemerintahan selama 5 tahun kedepan. Satu hari pemilihan itu, udara lembab dan disertai hujan gerimis menghiasi Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/1jpg-3613.jpg

Pj Bupati Kepulauan Meranti Drs H Edy Kusdarwanto MM didamping Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi meninjau salah satu TPS di Selatpanjang.

Guna memastikan proses tersebut berjalan aman, tertip dan lancar, Pj Bupati Kepulauan Meranti, H Edy Kusdarwanto, melakukan peninjauan sejumlah TPS di Kota Selatpanjang hingga ke Kecamatan Rangsang Desa Tanjung Samak. Dari hasil peninjauan semua proses berjalan aman dan tingkat partisipasi masyarakat cukup memuaskan.

Dalam peninjauannya Pj Bupati H Edy Kusdarwanto didampingi Sekdakab Meranti H Iqaruddin MSi, Kapolres Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Dirpolair Polda Riau Kombespol Deny, Kajari Selatpanjang Suwarjana, Rombongan Desk Pilkada, Asisten I Alizar SSos, Desk Pilkada Provinsi Riau, Camat Tebing Tinggi, Camat Rangsang, Kaban Kesbang Meranti Ahmat Yani, Kabag Tapem Yulizar, Kabag Humas Ery Suhairi, Kabag Umum, Danramil Selatpanjang, Ketua Panwaslu dan lainnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/2jpg-3612.jpg

Pj Bupati Kepulauan Meranti Drs H Edy Kusdarwanto MM didamping Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi meninjau TPS di Rutan kelas  II Selatpanjang.

TPS pertama yang waktu itu dikunjungi adalah TPS 1 Jalan Merdeka Selatpanjang Barat, selanjutnya TPS 18 dan 19 Selatpanjang Timur, TPS Lemabaga Permasyarakatan Kelas B Selatpanjang dan terakhir di TPS Desa Tanjung Samak Kecamatan Rangsang.

Berdasarkan laporan yang diterima Pj Bupati dari Panitia Pemungutan Suara, hingga pukul 11.00 WIB proses pemilihan berlangsung aman dan lancar dan tingkat partisipasi masyarakat cukup memuaskan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/3jpg-3611.jpg

Pj Bupati kepulauan meranti h edy kusdarwanto mendampingi Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi melakukan cek kesiapan anggota.

Hanya saja yang menjadi catatan Pj Bupati saat berada di TPS Lembaga Permasyarakatan Selatpanjang, di lokasi itu akibat kurangnya sosialisasi dari pihak terkait menyebabkan banyak warga binaan yang tidak bisa melaksanakaan hakpilihnya.

"Kita berharap kedepan ini tidak terjadi lagi, karena bagaimanapun warga binaann adalah warga Meranti juga yang berhak melaksanakan hak pilihnya," ujar Pj Bupati Kepulauan Meranti waktu itu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/4jpg-3610.jpg

Saat berlangsungnya apel gelar pasukan operasi mantap praja siak 2015 dalam rangka pengamanan tps di wilayah kepulauan meranti.

Kondusifitas saat ini dikatakan Bupati berkat koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua pohak terkait mulai dari Pemerintahan, Tokoh masyarakat hingga pihak keamanan dibawah pengawalan kepolisian. Seperti diketahui sehari sebelum pelaksanaan Pemungutan Suara, pihak Kepolisian Polres Meranti telah melakukan gelar pasukan terhadan 230 Personil yang akan ditirunkan di 410 TPS yang tersebar di 9 Kecamatan. Personil ini bertugas untuk mengamankan proses pemilihan mulai dari pengiriman logistik ke TPS hingga pemungutan suara dan pengamanan logistik hasil pemungutan suara.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/5jpg-3609.jpg

Saat berlangsungnya rapat koordinasi forkopimda dalam rangka persiapan dan kesiapan menghadapi pilkada serentak 9 Desember 2015 di Kepulauan Meranti.

Dari hasil peninjauan Pj Bupati di Desa Tanjung Samak Kecamatan Rangsang, mulai dari proses pemungutan suara sampai proses penghitungan suara berjalan dengan aman dan lancar. Pj Bupati sengaja menunggu hingga proses penghitungan suara berlangsung untuk melihat potensi kerawanan yang terjadi. Namun sesuai prediksi hingga proses penghitungan suara selesai tepatnya di TPS 01 Pasar Tanjung Samak suasana tetap kondusif tanpa ada gejolak.

Selain suasana kondusif, tingkat partisipasi masyarakat dari laporan yang diterima oleh Pj Bupati cukup memuaskan yakni berkisar 70 pesen lebih. "Dari laporan yang kita terima tingkat partisipasi mencapai 70 persen lebih, namun angka pastinya kita masih menunggu," jelas H. Edy Kusdarwanto.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16122015/6jpg-3608.jpg

Usai rapat koordinasi dengan Forkopimda Meranti.

Menyikapi hal itu Pj Bupati berkesimpulan tingkat kecerdasan masyarakat Meranti dalam berpolitik sudah baik karena semua masyarakat bisa menyikapi dengan kepala dingin. Pj Bupati berharap situasi itu terus dispertahankan hingga ditetapkannya siapa pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. "Mari kita pertahankan situasi ini semoga hingga proses Pilkada ini selesai Kabupaten Meranti tetap dalam keadaan aman dan kondusif sehingga Bupati terpilih dapat diterima seluruh masyarakat guna membangun Meranti lebih baik lagi kedepan," harapnya. (Advetorial)