PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan bersama Gubernur Riau, Syamsuar menggelar pertemuan resmi dengan Pertamina Hulu Rokan selaku pihak pengelola Blok Rokan setelah masa kontrak Chevron habis.

Dalam pertemuan tersebut, Parisman yang merupakan wakil rakyat Pekanbaru di DPRD Riau meminta beberapa hal kepada Pertamina sebelum mengelola sumur minyak yang pernah menjadi penyumbang terbesar APBN ini.

Yang pertama, Politisi Golkar ini meminta Pertamina untuk bisa meningkatkan hasil kerjanya dibandingkan Chevron yang belakangan mengalami penurunan pendapatan karena pertimbangan masa kontraknya akan habis.

"Kita berharap Pertamina bisa meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan Blok Rokan ini, karena semakin besar hasil yang didapat dari Blok Rokan, maka semakin besar pula pembangunan yang diterima oleh masyarakat Riau," kata pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini kepada GoRiau.com, Rabu (11/11/2020).

Yang kedua, Iwan berharap agar Pertamina bisa mengakomodir perusahaan-perusahaan lokal dan juga tenaga kerja lokal dalam pengoperasian nantinya, sebab dia melihat tidak sedikit putra daerah yang tidak kalah saing dari luar Riau.

GoRiau Foto bersama antara Pertamina
Foto bersama antara Pertamina Hulu Rokan dengan Forkompinda, Rabu (11/11/2020). (foto: istimewa)

Selanjutnya, dia juga berharap BUMD yang akan mengelola Participating Interesting (PI) sebesar 10 persen bisa memaksimalkan perannya di Blok Rokan ini, sehingga bisa menunjang APBD Riau, yang nantinya akan dicairkan untuk kepentingan masyarakat umum.

Terakhir, Iwan mengingatkan Pertamina supaya bisa membuat program-program yang lebih nyata di tengah masyarakat, yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR). 

"Supaya masyarakat bisa merasakan bahwa keberadaan perusahaan ini sangat berdampak baik buat mereka, masyarakat itu menantikan program nyata, baik itu di sektor perekonomian, sosial, keagamaan dan lainnya," tegasnya. 

Kalau apa yang diharapkannya ini bisa dilaksanakan Pertamina Hulu Rokan, Iwan yakin hubungan antara Pertamina dan masyarakat Riau akan berlangsung baik.

"Jika ada hubungan yang harmonis antara Pertamina dan masyarakat, saya yakin Blok Rokan akan memberi manfaat besar bagi Riau. Karena, ada kenyamanan antara kedua belah pilih," pungkasnya.***