PEKANBARU - Riau merupakan salah satu provinsi yang kaya akan objek wisata. Agar dikenal oleh masyarakat luas, dibutuhkan peran media massa untuk mempromosikannya.

Karena itu, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Riau bersama Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar workshop untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait penulisan berita pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman sangat mengapresiasi workshop yang digelar oleh FJPI ini. Ia mengatakan, dunia pariwisata masih sangat membutuhkan atensi pers.

"Media punya andil besar untuk mendongkrak pariwisata di Riau. Seperti menciptakan berita yang menarik tentang objek wisata, sehingga masyarakat luas mengenal dan berniat berkunjung," tutur Fahmizal di Pekanbaru, Sabtu (9/3/2019).

Di tempat yang sama, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan bahwa untuk menjadi jurnalis pariwisata merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, selain menulis berita, jurnalis pariwisata juga bisa berkunjung ke tempat-tempat indah.

"Wartawan pariwisata paling diminati. Selain bisa bikin berita juga bisa senang-senang, namun terlepas dari itu kita sebagai wartawan punya tugas dalam mengembangkan pariwisata, yakni dengan mempublikasi destinasi objek wisata di setiap daerah," jelasnya.

Sementara itu, workshop ini dihadiri oleh Ketua FJPI Riau, Luzi Diamanda, jurnalis wanita, serta mahasiswi sejumlah universitas di Kota Pekanbaru yang memiliki minat di bidang jurnalistik. ***