SIAK - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak (Setdakab ) Siak Drs.H.Arfan Usman M.Pd mengapresiasi Baznas kabupaten Siak yang telah mengeluarkan zakat pada masa pandemi Covid-19 ini. Ditambah lagi, zakat tahun 2020 mengalami peningkatan lebih kurang 13 persen dari tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikannya saat penyaluran zakat tahap IV di masjid Nurul Falah Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau, Senin (09/11/2020) lalu. 

Arfan Usman juga mengajak masyarakat Kabupaten Siak khususnya masyarakat kecamatan Mempura agar bersyukur atas perolehan pengumpulan zakat di Siak setiap tahunnya mengalami peningkatan.

"Artinya saat ini masyarakat kabupaten Siak terutama yang mempunyai kelebihan rizki telah membayarkan zakatnya ke Baznas. Walaupun saat ini kita dilanda masa pandemi Covid-19, maka hal ini perlu kita tingkatkan agar harta yang kita miliki mendapat berkah," sebut Arfan.

Baznas Siak, kata Arfan, merupakan Baznas pengumpulan zakat terbesar di Provinsi Riau. Terhitung per 30 Oktober 2020 telah berhasil mengumpulkan hampir Rp16 miliar.

Zakat IV di kecamatan Mempura akan disalurkan kepada 95 orang mustahik konsumtif senilai Rp 500 ribu, dengan diberikan dalam betuk Uang tunai dan Sembako. Disamping konsumtif ada juga zakat produktif untuk modal usaha yang disalurkan kepada mustahik produktif.

Tak hanya itu Baznas kabupaten Siak telah memprogramkan berbagai kegiatan seperti program pembangunan Rumah Layak Huni(RLH), pembangunan sanitasi,pemasangan listrik dan lainnya. ***