PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengklaim proses belajar dan mengajar di berbagai sekolah di daerah ini berjalan lanjar pada hari pertama setelah libur panjang Idul Fitri.

"Jika dipersentasikan, 99 persen pelajar di berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA masuk dan tidak bolos," kata Kadisdik Pelalawan MD Rizal didampingi Kabid Kurikulum Disdik Pelalawan Salbiah S.Pd di Pangkalan Kerinci, Kamis (15/8/2013).

Dengan kondisi demikian, pihak pejabat di Pemkab Pelalawan merasa puas, karena tak hanya itu, kegiatan proses belajar mengajar pun hampir di semua sekolah langsung dimulai tadi pagi.

Hal itu diungkapkan Kadisdik saat meninjau sejumlah sekolahdi hari pertama masuk sekolah, tadi pagi. Ia mengatakan, pihaknya sengaja meninjau langsungproses belajar mengajar di sejumlah sekaligus memantau tingkat kehadiran guru dan siswa.

"Tadi pagi kami meninjau sejumlah sekolah diantaranya Sekolah Bernas, SDN 006, SDN 007 dan SMP 1 Pangkalan Kerinci. Alhamdulillah, di hari pertama ini tingkat kehadiran para guru dan siswa mencapai 99 persen," kata Kadisdik Pelalawan, MD Rizal.

Rizal mengatakan bahwa memang di sejumlah sekolah ada juga beberapa guru yang tak masuk, namun itu dikarenakan ada keperluan keluarga yang tak bisa dihindari dan juga ada yang karena sakit. Namun meski begitu, prosedur perpanjangan izin seperti surat pemberitahuan pada pihak sekolah bahwa yang bersangkutan berhalangan tetap dilayangkan.

"Ya, tadi ada juga memang guru dan siswa yang tak masuk. Tapi kebanyakan karena sakit, mungkin terlalu capai sehabis lebaran, dan adajuga yang karena keperluan keluarga. Tapi mereka tetap memberitahukan pihak sekolah Karena kondisi masih suasana lebaran, sambungnya, kebanyakan aktivitas belajar mengajar belum berjalan maksimal 100 persen meski beberapa sekolah suda ada juga yang langsung menerapkan proses belajar mengajar.

"Tapi kalau memang siswa dan guru full yang tetap proses belajar akan aktif, kenapa tidak. Apalagi bagi siswa baru kan sejumlah sekolah sudah menggelar MOS. Jadinya tentu akan focus belajar lagi. Kalau pun belum normal ya mafhumlah," ujarnya.

Namun Kadisdik menekankan bahwa pekan depan semua sekolah wajib melaksanakan proses belajar sebagai mana mestinya. Tak hanya itu, MD Rizal juga mengingatkan agar seluruh guru dan siswa untuk hadir pada peringatan HUT RI 17 Agustur 2013 yangg jatuh pada Sabtu mendatang. "Semua guru dan siswa diabsen kehadirannya pada HUT RI ke 68 nantinya. Semua wajib hadir pada acara tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, di hari pertama kerja pada Senin kemarin (12/8), MD Rizal juga melakukan kegiatan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan di hari pertama setelah usai masa libur lebaran. Meskipun kegiatan belajar mengajar di kampus orange tersebut belum dimulai namun Kadisdik memastikan kesiapan di kampus tersebut.

"Memang kegiatan belajar mengajar di kampus ini belum dimulai, namun kita mau memastikan bahwa kegiatan dikampus ini telah dimulai di hari pertama usai libur panjang Idul Fitri," terangnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Hj Nuraida, juga menyatakan hal yang kurang lebih sama. Bahkan menurutnya, pihaknya sudah sejak Rabu kemarin (14/8) para siswa di sekolah mereka kembali masuk sekolah meski digunakan untuk halal bi halal antara guru dengan para siswa.

"Kalau Kamis ini (15/8), kami sudah melakukan aktivitas belajar. Alhamdulillah, tenaga pengajar semua masuk tapi kalau para siswa ada yang tak masuk tapi tetap ada surat yang sampai ke kami," tutupnya.(ilm)