PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Zulfi Mursal merespon positif penyerahan surat rekomendasi dari Partai Nasdem kepada Pasangan Bakal Calon Pilkada Kepulauan Meranti, Hery Saputra dan Muhammad Khozin.

Dikatakan Ketua Fraksi PAN DPRD Riau ini, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN memberikan kesempatan kepada kader PAN yang siap membangun dan memajukan kampungnya di Pilkada Serentak.

Terutama di Kepulauan Meranti yang sebelumnya DPP sudah memberikan surat tugas kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti yang juga Ketua Majelis Pertimbangan DPD PAN Kepulauan Meranti, Said Hasyim.

Sayangnya, Said Hasyim memilih hijrah ke partai Golkar dan mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN ke DPD PAN Kepulauan Meranti. Hal ini membuat dukungan dari DPP untuk Said Hasyim dievaluasi.

"Pasca pengunduran diri Said Hasyim, DPP memberikan peluang pada kader lain, salah satunya Khozin yang merupakan anggota DPRD Kepulauan Meranti yang masih aktif," kata Zulfi kepada GoRiau.com, Kamis (6/8/2020).

Dengan adanya dukungan dari Nasdem ini, nantinya PAN berkemungkinan besar akan memuluskan langkah Paslon ini, mengingat koalisi Nasdem - PAN sudah cukup untuk membawa mereka berlayar.

"Ya kita akan menindaklanjutinya," tambahnya.

Sejauh ini, tegas Zulfi, DPP sangat mendukung setiap kadernya, terbukti di beberapa daerah DPP sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dukungan kepada kader-kadernya.

Diakui Zulfi, dalam rekomendasi Nasdem memang kader PAN ada dalam posisi calon wakil bupati, namun itu bukan menjadi masalah bagi PAN. Karena yang terpenting adalah kader PAN bisa tampil dalam pagelaran Pilkada serentak.

"Tapi tak apa-apa yang penting kader maju. Semoga ini berlanjut terus, kalau kader berniat membangun daerahnya, kita pasti support. Apa kabar selanjutnya nanti akan kami publikasikan," tutup Zulfi.

Sebelumnya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi menyerahkan Surat Rekomendasi dukungan kepada Paslon Pilkada Kepulauan Meranti, Hery Saputra dan Muhammad Khozin. SK ini diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Riau, Willy Aditya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Kepulauan Meranti, Rony Samudra membenarkan hal tersebut. Menurutnya, rekomendasi tersebut diberikan dengan harapan Paslon ini bisa melengkapi batas persyaratan kursi.

Dikatakan Rony, saat ini Nasdem memiliki 1 kursi di DPRD Kepulauan Meranti. Untuk mencukupi batas pencalonan Paslon di Pilkada, Paslon ini harus menambah sekitar 5 kursi lagi.

Yang paling berpotensi, ujar Rony, adalah Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki 5 kursi di DPRD Kepulauan Meranti. Mengingat, Muhammad Khozin merupakan kader PAN dan juga anggota DPRD Kepulauan Meranti Fraksi PAN.

"Komunikasi terus kita jalin dengan semua para pendaftar, namun DPP sudah memutuskan dukungan ke Hery Saputra dan Ustadz Muhammad Khozin," kata Rony kepada GoRiau.com, Kamis (6/8/2020).***