JAKARTA – Partai Nasdem memberikan kebebasan kepada Anies Baswedan untuk memilih sosok calon wakil presiden (cawapres) terbaik yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

"Soal cawapres kalau Nasdem ya sudah kasih otoritas sama Bung Anies," ujar Surya Paloh di Lantai 3 Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Surya menyebutkan, dalam memilih calon wakil presiden dari Anies Baswedan harus dengan kecocokan dan tidak bisa dipaksakan begitu saja. "Bagaimana kita tiba-tiba mau pilih cawapres yang tidak cocok. Itu namanya belum apa-apa sudah cari penyakit," ucap Surya Paloh.

Hal tersebut, kata Surya, amat penting agar ada chemistry dan dapat membentuk kabinet menteri yang solid jika memenangkan Pilpres 2024. "Ini politik apa yang mau kita kerjakan? Mau dapat kabinet kuat, soliditas, kekompakan, harmonis. Itu syarat yang tidak bisa ditawar," katanya.

Partai Nasdem, kata Surya, memberikan kewenangan bagi Anies untuk memastikan wakil yang akan bersanding di Pilpres 2024 sesuai dan cocok dan memiliki kesepahaman visi dan misi untuk membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

"Jadi ketika kita yakin memilih calon presiden kita, kita harus yakin juga beri kesempatan ke dia untuk memilih wakil yang paling bagus untuk kamu, untuk bangsa dan negara. Jadi sudah terjawab itu. Saya yakin pikiran-pikiran ini akan baik untuk kawan-kawan."

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) Partai NasDem pada Senin (3/10/2022). Hal tersebut disampaikan Surya Paloh saat melaksanakan Deklarasi Calon Presiden RI Partai Nasdem untuk Pilpres 2024 di Lantai 3 Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. ***