BENGKALIS - Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis Riau, menyatakan mulai Jumat tanggal 1 Mei 2020 hanya akan mengoperasikan dua kapal Roro di lintas penyeberangan Air Putih Bengkalis-Sungai Selari dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Mulai Jumat besok pengguna jasa angkutan penyeberangan akan dilayani oleh dua unit armada KMP setiap hari,” ujar Kepala UPT Perhubungan Fauzi, Kamis (30/4/2020).

Dikatakannya, pembatasan tersebut tertuang dalam Pengumuman Kepala Unit Teknis Pelaksana (UPT) Penyeberangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis Nomor: 551/UPT.P/DISHUB/IV/2020/37, tanggal 3 April 2020.

"Selain itu trip keberangkatan juga berubah menjadi sembilan trip setiap harinya dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB," kata Fauzi.

Pria yang akrab disapa Oji ini juga mengungkapkan sejak terjadinya wabah Covid-19 terjadi penurunan muatan kapal setiap harinya dibandingkan hari sebelum terjadi wabah tersebut.

"Penurunan muatan kapal Roro hampir mencapai 60 sampai 70 persen dan langkah ini kita ambil kebijakan untuk mengoperasikan dua kapal saja," kata Oji.

Akan tetapi kata Oji, apa bila terjadi lonjakan penumpang di pelabuhan baik di Bengkalis maupun Sungai Selari, akan dilakukan penambahan armada kapal untuk beroperasi.

"Kalau terjadi lonjakan penumpang dan antrian panjang, kita akan operasikan armada tambahan, bisa saja tiga atau empat kapal yang beroperasi," ungkapnya lagi.

Ditambahkannya, saat ini pengecekan terhadap penumpang kapal masih terus dilakukan, di antaranya pengecekan suhu tubuh dan pemakaian masker sesuai anjuran pemerintah. ***