SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang paling banyak menanggung BPJS untuk masyarakatnya.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi mengatakan bahwa, perhatian besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti terhadap sektor kesehatan masyarakat mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

"Penghargaan ini atas partisipasi aktif Pemkab melalui Dinas Kesehatan mendaftarkan warga miskin dan tidak mampu yang menjadi peserta Jamkesda ke BPJS," ujarnya.

Dijelaskannya, adapun total premi yang dibayarkan berjumlah Rp 4, 729 miliar untuk 246.000 jiwa yang ditanggung oleh Pemkab Meranti.

Ads
"Dari kabupaten atau kota yang ada, Pemkab Kepulauan Meranti paling banyak menanggung BPJS. Dari data yang kami terima yakni dari 259.948 ribu orang, sebanyak 246 ribu sudah ditanggung. Artinya 95 persen yang sudah kita tanggung," tuturnya.

Bentuk dari kepedulian tersebut, Pemkab Kepulauan Meranti akan mendapatkan penghargaan dibidang kesehatan. Karena kepedulian tersebut, Pemkab Kepulauan Meranti akan diberikan penghargaan bidang kesehatan standar WHO.

"Karena kepedulian itu, kita akan diberikan penghargaan kesehatan standar WHO. Ini semua kita lakukan untuk masyarakat Meranti," ungkap Irwan.

Sementara itu, Komisi C DPRD yang membidangi kesehatan mengapresiasi Pemerintah yang sukses meraih penghargaan dibidang kesehatan. Hal ini disampaikan Ketua Komisi C, Basiran SE MM.

Prestasi tersebut, menurut Basiran tidak terlepas dari sinergi yang terjalin antara pemerintah daerah dengan DPRD.

Menurutnya Bupati dan DPRD sebagai simbol pemerintahan telah bersama-sama mewujudkan pembangunan di segala sektor.

Ia menambahkan, pihaknya berharap pemerintah daerah semakin bersemangat dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

''Penghargaan tersebut adalah bukti nyata hasil kerja para kepala daerah yang mengemban amanah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah," ungkapnya.***