PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi didampingi Sekda se-Riau dan sejumlah kepala OPD menemui Deputi Perekonomian Kementerian Koordinator Bidang Perniagaan dan Industri, Elen Septiadi duduk bersama untuk membahas pengembangan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau.

Hijazi mengatakan, bahwa pertemuan ini merupakan bentuk keseriusan Lemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam percepatan pembangunan Kawasan Industri dan pelabuhan Tanjung Buton (KITB), yang bakal menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Riau.

Menurutnya, Tanjung Buton cukup strategis untuk dikembangkan, karena jaraknya yang dekat dan berbatasan langsung perairan internasional Selat Malaka.

"Kunjungan kita ke Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi bertujuan untuk meyakinkan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan kawasan ini," kata Ahmad Hijazi, Selasa (27/3/2018).

"Jika ini terwujud, maka komoditas primer kita tidak lagi fluktuatif, sehingga kita bisa mengelola hilirnya dan kemudian harga produk pertanian akan lebih stabil," sambungnya.

Sebab, menurutnya, keberadaan KITB sangat mendukung percepatan ekonomi di provinsi Riau. Karena itu daerah harus berani menjemput bola dan memperjuangkan di tingkat pusat.

"Kita akan terus melakukan lobi ke pemerintah pusat agar KITB dengan segala infrastruktur segera terwujud. Pasalnya, KITB yang berada di pesisir pantai provinsi Riau sudah memenuhi standar nasional untuk pengembangan kawasan industri," tutupnya. (rls)