PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan berencana akan memekarkan beberapa kelurahan. Rencana pemekaran kelurahan tersebut akan dilaksanakan pada tahun ini.

Ada lima kelurahan yang akan dimekarkan, lima kelurahan ini berada di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung dan Kerumutan.

"Wacana pemekaran kelurahan ini memang sudah lama," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Fakhrurozi, Selasa (12/3/2019).

Lebih lanjut ia menguraikan, untuk Kecamatan Pangkalan Kerinci, ada Pangkalan Kerinci Timur dan Pangkalan Kerinci Kota yang bakal dimekarkan.

Ads
"Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung dan Kerumutan. Kalau ini udah disahkan akan ada tujuh kelurahan baru," kata Fakhrurozi.

Terkait pemekaran ini, masih terkendala persoalan tata batas wilayah kelurahan. Seperti Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur yang masih terkendala tata batas wilayah demgan Desa Sering dan Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan.

"Ranperdanya baru akan kita ajukan ke DPRD tahun ini. Tapi masih menunggu tapal batas wilayah ini selesai," tandas Kabag Tapem, kepada GoRiau.*