SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH melakukan pelantikan 25 Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rangsang, bertempat di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Kamis (29/4/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Adil mengintruksikan kepada Pj Kades yang baru saja dilantik untuk dapat melayani masyarakat dengan cakap, profesional dan sepenuh hati sesuai dengan program "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati".

Turut dalam pelantikan itu, Asisten I Setdakab Meranti, Syamsuddin SH MH, Pj Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs Irmansyah MSi, Kabag Hukum, Sudandri SH, Kabag Humas dan Protokol, Rudi MH, para camat dan Pj Kades yang dilantik.

Pelantikan Pj Kades ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Bupati Adil, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemasangan tanda pangkat. Nantinya Pj Kades ini akan menjabat paling lama 1 tahun atau hingga ditetapkannya kepala desa defenitif dalam melaksanakan tugas bertanggungjawab kepada Bupati Kepulauan Meranti.

Selain melakukan pelantikan Pj Kades, Bupati Adil juga melakukan pelantikan 5 Anggota BPD Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rangsang.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil, mengucapkan selamat kepada Pj Kades yang baru saja dilantik dan berharap dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh dedikasi.

"Saya minta kepada Kades dapat bekerja melayani masyarakat dengan cakap, profesional dan sepenuh hati sesuai dengan program "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati," agar nantinya mampu mendatangkan respon positif dari masyarakat dan menjadi kebanggaan bagi Pj Kades," ujar Bupati Adil.

Selanjutnya demi suksesnya pelaksanaan Pemerintahan Desa, Bupati Adil, juga mengingatkan kepada para Pj Kades untuk memperkuat komunikasi dengan seluruh komponen desa selain itu juga memahami kondisi sosial yang terjadi dimasyarakat sehingga semua kebijakan yang dikeluarkan dapat menyentuh kepentingan publik.

Pj Kades juga diminta untuk membuat pemetaan kondisi desa yang meliputi kondisi sosial seperti angka kemiskinan, jumlah anak yatim, kondisi pendidikan, ekonomi, potensi desa dan lainnya. Nantinya data tersebut dimuat dalam Database Desa sebagai pertimbangan membuat kebijakan dan pengelolaan anggaran Desa.

Kemudian Bupati Adil, meminta kepada kades untuk memakmurkan Masjid dan Mushola ditempat tugasnya masing-masing khususnya di bulan Ramadhan dalam acara Safari Ramadhan Desa.

"Semoga dapat merubah warna desa dimana masyarakat lebih memakmurkan masjid dan mushalla," pungkasnya.

Dan yang tak kalah penting Bupati Adil juga meminta kepada Kades untuk senantiasa standbye di desa agar ketika masyarakat ingin melakukan konsultasi tidak mengecewakan.

Sementara kepada Anggota BPD dalam arahannya Bupati Adil mengingatkan jangan hanya bisa mengkritisi tapi juga dapat memberikan solusi atas semua masalah desa. Dan yang paling penting jangan sampai main mata dengan Kades sehingga pengelolaan keuangan Desa dapat dilakukan dengan efektif dan akuntable.

"Semua kebijakan yang dikeluarkan harus sesuai dengan ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari," ucap Bupati Adil mengingatkan.

Sekedar informasi, dari keterangan pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Meranti, direncanakan Pilkades serentak akan digelar pada Mei 2021 mendatang. Dan Bupati berharap Pj Kades dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk mensukseskan Pilkades sampai ditetapkannya kades defenitif.

Kegiatan pelantikan Pj Kades ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada para Pj Kades dan Anggota BPD yang baru saja dilantik.***