JAKARTAFase grup FIFAe Nations Online Qualifiers untuk Zona Asia & Oceania resmi dimulai. Bertempat di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, Indonesia yang tergabung dalam Grup B hari ini (29/4) berhadapan dengan Korea Selatan dan Hong Kong. Meskipun tidak memperoleh poin maksimal, eNational Squad pertama Indonesia yang diwakili oleh Fahmi Husaeni dan Moehamad Zulisar berhasil membawa Indonesia ke urutan kedua klasemen sementara.

“Saya cukup puas dengan hasil yang diperoleh oleh eNational Squad pertama kita hari ini. Masih ada pertandingan selanjutnya besok dan saya yakin mereka akan tampil lebih maksimal”, kata Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, yang hadir untuk memberi semangat dan menyaksikan eNational Squad Indonesia berlaga.

FIFAe Nations Online Qualifiers merupakan babak kualifikasi dari rangkaian FIFAe Nations Series dimana nantinya dari Zona Asia & Oceania akan dipilih 5 negara terbaik untuk melangkah ke babak final bertajuk FIFAe Nations Cup yang akan digelar di Denmark, 20-22 Agustus 2021. Turnamen ini menggunakan mode permainan FIFA Ultimate Team (FUT) dan mempertandingkan dua konsol, yaitu Play Station yang digawangi oleh Moehamad Zulisar dan Xbox oleh Fahmi Husaeni.

Saat melawan Korea Selatan, Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Namun, pada Play Station Indonesia harus menerima kekalahan 0-1 melalui tendangan penalti. Pada Xbox, Indonesia harus berpuas dengan skor imbang 1-1.

Melawan Hong Kong, Indonesia berhasil menguasai pertandingan. Pada Play Station, Moehamad Zulisar harus berpuas dengan hasil imbang 3-3. Pada Xbox, Fahmi Husaeni tampil gemilang dan berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1.

“Hari ini adalah hari bersejarah karena ini adalah kali pertama eNational Squad Indonesia berpartisipasi di turnamen resmi eFootball FIFA tingkat dunia. Semoga eNational Squad Indonesia bisa mencetak prestasi dan industri efootball di Indonesia bisa lebih maju”, tutup Maaike Ira Puspita.

Selanjutnya, hari Jumat (30/4) Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Singapura dan Cina. Pertandingan disiarkan secara live di Youtube dan Facebook PSSI mulai pukul 11.30 WIB.

Klasemen Sementara Grup B Zona Asia & Oceania
1. Korea Selatan Poin 16
2. Indonesia Poin 5
3. Hong Kong Poin 5
4. Singapura Poin 4
5. Cina Poin 2. ***