PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Parisman Ihwan kembali meminta keseriusan dari Pemerintah Kota Pekanbaru untuk bisa menuntaskan persoalan banjir di Kota Pekanbaru.

Hal tersebut disampaikan pria yang biasa disapa Iwan ini usai mengunjungi beberapa lokasi banjir di Kota Pekanbaru, Jumat malam (23/4/2021). Semua persoalan banjir ini diakibatkan oleh pendangkalan sungai, sehingga air meluap ke luar.

"Semua masyarakat mengeluhkan pendangkalan sungai, bahkan ada yang bilang ketinggian banjir kemarin dua kali lipat lebih parah daripada sebelumnya," kata politisi Golkar ini, Sabtu (24/4/2021).

Kewenangan penanganan banjir, lanjut Iwan, merupakan kewenangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Pemerintah Pusat, sehingga dia berharap ada koordinasi antar keduanya.

"Bukan kami di provinsi tak mau membantu, tapi secara kewenangan tidak ada di provinsi, sudah sering saya teriak begini, tapi tidak ada juga perubahan," tuturnya.

Ketua Komisi IV DPRD Riau ini menambahkan, dirinya merasa sedih melihat warga di Dapilnya yang harus menjalankan ibadah puasa ramadhan di tengah bencana banjir ini. Kesedihan seperti ini mestinya juga dirasakan oleh Wali Kota Pekanbaru dan pihak terkait lainnya.

"Mestinya masyarakat bisa menjalankan ibadah ramadhan dengan khusyuk, namun saat ini mereka harus mendapatkan cobaan yang berat berupa banjir yang melanda perumahan mereka," katanya.

Dari cerita warga, lanjutnya, banyak yang sudah sering merasakan banjir ini, banyak pula yang mengaku pertama kali merasakan bencana banjir. Sebagai wakil rakyat, Iwan memberikan semangat kepada korban banjir.

"Mudah-mudahan ini menambah keimanan kita di bulan ramadhan ini, karena Allah tidak akan memberi cobaan kepada hamba-Nya, kecuali mereka mampu menghadapinya," ujarnya. ***