PEKANBARU - Tanggal 26 Juli telah dicanangkan UNESCO sebagai Hari Mangrove Sedunia. Pada peringatan the International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem yang pertama di tahun 2016, UNESCO menekankan pentingnya melindungi mangrove sebagai bagian dari Agenda for Sustainable Development.

Komunitas Peduli Lingkungan BMC Pulau Rupat, Candra Maulana mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan, menjadi salah satu negara yang memiliki luas hutan mangrove terbesar di dunia.

"Hutan mangrove sendiri memiliki peran yang sangat penting dan fungsinya yang sangat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir," kata Candra.

Fungsi hutan, lanjut Candra, secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana. Selain itu hutan mangrove juga menjadi tempat penyimpanan air, dan untuk mengurangi polusi untuk pencemaran udara.

"Hutan mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan," ujarnya.

Sedangkan, fungsi hutan mangrove sendiri dibagi menjadi lima seperti fungsi fisik, fungsi kimia, fungsi biologi, fungsi ekonomi. "Beberapa fungsi hutan mangrove yang perlu kita ketahui antara lain dapat mencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai; mencegah intrusi air laut; mencegah erosi dan abrasi pantai; sebagai tempat hidup dan sumber makanan sebagai pencegah dan penyaring alami; dan sebagai pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir," urainya.

Walaupun hutan mangrove menjadi yang terbesar di Indonesia, imbuh Candra, bukan berarti tak luput dari permasalahan lingkungan. Akibat pengelolaan yang buruk, pengarapan secara liar membuat ekosistem hutan mangrove di pesisir terancam.

"Hal ini menyebabkan percepatan proses abrasi pantai dan dalam beberapa tahun ke depan,maka dari itu kami mengajak Pemerintah dan masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian Ekosistem Hutan Mangrove Guna keberlangsungan hidup alam," tukasnya.. ***