PANGKALAN KERINCI - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Kuala Panduk, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan masih berlangsung. Namun saat ini, masih dalam proses pendinginan.

Petugas gabungan membuat sekat dengan menggunakan alat berat untuk mengisolasi areal kebakaran, agar api tidak meluas dan menjalar.

"Yang di Pangkalan Panduk sedang proses pendinginan. Areal yang terbakar sudah kita isolir," kata Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Hadi Penandio, Senin (11/3/2019).

Kebakaran yang terjadi di areal perusahaan ini, awalnya dari lahan masyarakat yang kemudian menjalar ke sebagian pinggir lahan perusahaan di Desa Kuala Panduk. Kebakaran terjadu sejak pekan lalu.

"Proses pendinginan masih berlangsung. Hari ini, helikopter tetap diturunkan untuk melakukan operasi pemadaman," jelas Hadi Penandio.

Dia menambahkan, pagi ini untuk Kabupaten Pelalawan terpantau 2 titik hotspot dengan confidence 50 persen.

"Dua titik hotspot ini terpantau di Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti. Meski confidence 50 persen, tetap kita pantau dan dicek ke lokasi," pungkas Hadi Penandio, kepada GoRiau.*