PEKANBARU - Ketua Fraksi Gerindra Sejahtera DPRD Provinsi Riau, Husni Tamrin mengatakan, bahwa pihaknya akan menolak penyusunan APBD 2020, jika anggaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak dimasukkan.

Dijelaskannya, anggaran pencegahan ini merupakan hal yang sangat penting. Sebab selama ini, kata dia, Pemprov baru akan sibuk bekerja ketika karhutla sudah mulai meluas.

"Kebiasaan kita kalau ada asap baru sibuk, makanya perlu adanya antisipasi. Dan jika anggaran pencegahan ini tidak ada dalam postur APBD 2020, saya sebagai Ketua Fraksi dan Ketua Komisi IV DPRD Riau pastikan akan menolak penyusunan APBD ini," ucap Husni di Pekanbaru, Kamis (15/8/2019).

Politisi asal Pelalawan tersebut juga menjelaskan, bahwa selama ini dirinya belum melihat keseriusan dalam mengatasi masalah karhutla dan kabut asap ini. Sehingga, ia berharap agar Pemprov memasukkan anggaran karhutla ke dalam APBD 2020.

Ads
"APBD ini kan masih dalam tahap pembahasan. Dan akan kita lihat apakah anggaran karhutla dimasukkan atau tidak, walaupun itu berupa 100 alat pemadam kebakaran atau masyarakat peduli api sekalipun," jelasnya.***