JAKARTA - Instagram sedang melakukan inovasi berupa fitur baru yang memungkinkan pengguna memposting video dengan durasi hingga 60 detik sebagai unggahan tunggal tanpa dipotong setiap 15 detik.

Dikutip dari Indian Express, Kamis (16/12/2021), Instagram tak mau tertinggal dengan aplikasi populer lainnya untuk bisa memposting cerita video berdurasi 60 detik.

Selama ini, cerita video yang lebih dari 15 detik secara otomatis dibagi menjadi beberapa cerita yang berdekatan. Sekarang Instagram memungkinkan video hingga satu menit penuh untuk diunggah ke cerita sebagai satu file.

Seperti yang diungkapkan pengguna Twitter Matt Navarra (@MattNavarra), Instagram saat ini melakukan uji coba terhadap beberapa pengguna untuk bisa mengakses fitur baru tersebut.

Langkah tersebut merupakan pembaruan di Instagram yang lebih fokus pada video daripada gambar, seperti penambahan fitur 'Reel' yang populer.

Selain penambahan durasi video 60 detik, Instagram juga menambah fitur Reels Visual Reply yang memungkinkan siapa pun membalas komentar di Reel mereka dengan Reel lain.

Platform ini juga menggunakan antarmuka baru saat membuat cerita untuk diposting. Antarmuka baru ini membuat penambahan elemen seperti lokasi atau tag ke akun lain jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Sejauh ini belum diketahui apakah fitur tersebut akan diluncurkan lebih luas di wilayah lain karena secara teknis masih dalam tahap pengujian. ***