JAKARTA - Beredar video yang memperlihatkan anggota Brimob mendatangi Wisma Pati TNI AL, Jakarta Pusat. Insiden tersebut saat pengamanan unjuk rasa, Rabu (25/9) malam.

 
Dalam video tersebut, tampak anggota Brimob mendatangi Wisma Lumba-lumba kerena menduga kuat ada massa perusuh yang lari ke dalam. Di dalam wisma, ada anggota Marinir yang berjaga.

Dalam video tersebut, terlihat anggota Brimob beberapa kali menembakkan gas air mata ke dalam Wisma Pati TNI AL. Umpatan pun terdengar saat itu.

Meski begitu, anggota Marinir yang berada di dalam tidak melakukan perlawanan. Bahkan, seorang di antaranya menginstruksikan untuk menahan diri dan tidak bereaksi berlebihan.

Merespons hal itu, Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI AL untuk meredam situasi.

Sebagaimana diketahui, massa pelajar dari berbagai SMA dan SMK atau STM melakukan aksi demo di depan gedung DPR RI, Rabu (25/9).

Mereka mengaku siswa dari berbagai sekolah di Jakarta. Para siswa ini sebagian besar masih menggunakan seragam sekolah. Massa gelombang pertama berhasil diamankan ke Mapolda Metro Jaya.

Lalu, gelombang massa terus berdatangan. Polisi menghalau massa sehingga tak bisa mendekat ke depan gedung DPR.

Unjuk rasa STM tersebut berakhir ricuh. Sejumlah fasilitas publik dirusak. Mereka juga tak segan melempar batu ke polisi. Massa berhasil dibubarkan pada Kamis (26/9) dini hari.***