PEKANBARU - Kehadiran seorang pria yang mirip dengan Prabowo Subianto bikin heboh saat kunjungan calon presiden nomor urut 02 itu di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu.

Lelaki itu tiba-tiba muncul di Ruang VVIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, saat puluhan pendukung menanti kedatangan pesawat jet pribadi Prabowo mendarat di Pekanbaru. Pria itu memiliki postur tubuh besar dan gempal yang sama dengan Prabowo.

Perawakannya tidak terlalu tinggi, lengkap dengan peci, kemeja warna putih dan kacamata hitam. Hanya kulitnya saja yang terlihat lebih lebih coklat seperti habis berjemur sinar matahari.

Para pendukung dari partai politik, organisasi massa, wartawan, dan kaum ibu atau 'emak-emak' yang melihatnya dibuat terheran-heran.

"Ada Prabowo KW (palsu), Prabowo KW," kata seorang ibu sambil tertawa-tawa usai berfoto bersama pria mirip Prabowo itu.

Pria itu tidak banyak bicara, hanya senyam-senyum saat melayani orang-orang yang memintanya untuk foto bersama. Seorang fotografer koran Riau Pos, Evan, yang ikut swafoto (selfie) langsung mengirimkan foto itu ke grup-grup media sosial whatsaaps (Wa).

"Heran kawan-kawan, kok bisa ‘selfie’ sama Prabowo. Dari segitu banyak orang di grup Wa, tidak ada yang sadar dia itu Prabowo palsu," kata Evan sambil tertawa.

Ketika diwawancara ANTARA, pria yang mirip Prabowo Subianto itu ternyata punya nama asli Zamratul Fuadi, tinggal di daerah Marpoyan Kota Pekanbaru.

"Sudah lama saya dibilang mirip Prabowo. Tapi saya nonpartai, saya (kerja) wiraswasta," katanya.

Ia mengatakan diajak seorang kawan yang kebetulan ikut menjemput Prabowo, untuk ikut ke Ruang VVIP Bandara Pekanbaru. Ia pun sadar diri hanya mirip wajahnya, namun tak pernah bermimpi untuk bisa bertemu langsung.

"Saya gak tahu apa bisa ketemu, saya orang kecil. Kebetulan ada teman ngajak ke sini ikut ke Bandara jemput Pak Prabowo asli, saya dibilang yang palsu. Memang yang palsu, kok," kata Zamratul.

Ia mengaku kagum dengan sosok Prabowo terutama saat berpidato yang mengajak bangsa Indonesia untuk berdaulat dalam pengelolaan sumber daya alam, dan berdiri di kaki sendiri atau berdikari.

"Kata-kata Berdikari itu sampai saya bikinkan lagu untuk Pak Prabowo. Saya bikin dua lagu, judulnya Berdikari Pas Dihati dan Garudaku," kata Zamratul sambil tersenyum.

Ketika Prabowo Subianto akhirnya menjejakan kakinya di Bandara Pekanbaru, puluhan pendukungnya langsung mengerubunginya. Calon presiden itu singgah sejenak di ruang VVIP dan langsung menuju GOR Remaja Pekanbaru yang jadi lokasi kampanye.

Dan tidak jelas apakah Zamratul alias Prabowo Palsu berhasil menjabat tangan idolanya itu. ***