PEKANBARU - Berdasarkan citra satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terpantau 40 hotspot (titik panas) di Provinsi Riau, Rabu (13/2/2019). Dari hotspot yang terpantau satelit paling banyak di Negeri Junjungan, Kabupaten Bengkalis.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan kepada GoRiau.com, pagi tadi terpantau 40 hotspot dengan tingkat keakuratan diatas 70 persen di Riau. Dari pantauan citra satelit, paling banyak di Kabupaten Bengkalis ada 31 hotspot.

"Yang kedua di Kota Dumai sebanyak 7 hotspot yang terpantau. Diikuti Kabupatem Kepulauan Meranti sebanyak 2 hotspot," kata Sukisno.

Untuk keseluruhan di Pulau Sumatera dengan tingkat keakuratan diatas 50 persen ada 56 hotspot, dikatakannya. Tetap yang paling banyak di Riau ada 49 hotspot. Di Kepulauan Riau ada 4 hotspot, Sumatera Utara 2 hotspot dan Lampung 1 hotspot.

"Kalau keakuratan hotspot diatas 50 persen, Kabupatem Bengkalis 34 titik, Kota Dumai 9 titik, Kepulauan Meranti 4 titik, dan Indragiri Hilir 2 titik," ungkap Sukisno.

Dijelaskan Sukisno, cuaca nanti sore cerah berawan. Sementara malam hari, berpotensi hujan ringan yang bersifat lokal terjadi di sebagian Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Pelalawan, Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu, dan Kampar.

"Sedangkan dinihari besok, cuaca masih cerah berawan. Potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Kampar, Kuansing, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Rokan Hulu. ***