BAGANSIAPIAPI - Menghadapi kemungkinan munculnya bencana hidrometeorologi seperti banjir pada bulan Januari - Maret akibat perubahan cuaca dan faktor alam, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Rokan Hilir, Riau bersama TNI, Polri dan OPD terkait menggelar apel kesiapsiagaan, Senin (9/11/2020).

Apel juga melibatkan BPDB, Basarnas dan Satpol PP Rokan Hilir yang dilaksanakan di lapangan purna MTQ Batu Enam, Bagan Punak itu berlangsung dengan protokol kesehatan.

Hadir pada apel kesiapsiagaan Pjs Bupati Rohil Rudyanto SH, MSi, Ketua PN Rohil Andri Simbolon SH MH, Kajari Rohil Gaus Wicaksono SH MH, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH, Sik, Dandim 0321 Rohil Letkol Ar Agung Rokhman Wahyudi, pejabat pratama dan asisten serta kepala OPD di lingkup Pemkab Rohil.

Pjs Bupati Rohil, Rudyanto menyebutkan gelar apel kesiapsiagaan merupakan antisipasi terhadap bencana alam sehingga meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah antisipatif dalam menghadapi hidrometeorologi yang biasanya terjadi antara bulan Januari hingga Maret.

GoRiau Foto bersama usai apel kesiaps
Foto bersama usai apel kesiapsiagaan. (foto: yan faisal)

''Perubahan cuaca ini menyebabkan musibah atau bencana alam, seperti longsor, banjir dan sebagainya maka tentu harus ada kesiapsiagaan, kemampuan personil dan dukungan fasilitas,'' jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir, Ari Darma didampingi Kepala Seksi Distribusi dan Logistik BPBD, Edo Rendra menyebutkan, pihaknya siap untuk mengemban tugas dan amanah tersebut.

''BPBD Rohil siap, standby dengan personil terlatih dan memiliki kemampuan serta skill di lapangan, kami siap menjalankan tugas ini,' ucap Ari Darma. ***