PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam acara Forum Konsultasi Publik dalam rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Riau 2020, mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendukung lima program prioritas pembangunan daerah di Riau.

Dalam forum yang mengangkat tema melalui pemerataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur kita tingkatkan daya saing, industri, pertanian dan pariwisata. Syamsuar menegaskan, bahwa program kerja dan kegiatan harus menunjang visi dan misi pemerintahan Syamsuar - Edy Nasution.

"Lima program prioritas pembangunan daerah yang harus masuk dalam program dan kegiatan OPD, yaitu sumber daya manusia, infrastruktur, industri, pertanian dan pariwisata," ungkap Syamsuar kepada GoRiau.com, Selasa (12/3/2019).

Syamsuar menemukan dalam program dan kegiatan OPD di Pemprov Riau tidak mendukung kelima program prioritas tersebut. Dirinya mengatakan, agar perubahan segera dilakukan untuk program dan kegiatan 2020 mendatang.

Ads
"Kalau saya coret jangan tersinggung. Karena memang tidak mendukung program kerja kami (Syamsuar - Edy Nasution)," tegas Syamsuar.

Pencermatan program/kegiatan pembangunan daerah Provinsi Riau 2020, yang sudah dilakukan dari usulan OPD 2020 ada 442 kegiatan dan 4.082 program. Sementara dari hasil pencermatan usulan OPD 2020 ada 346 kegiatan dan 2.357 kegiatan.

"Hal ini masih jauh dari yang saya harapkan. Apalagi di 2019, ada 361 program dan 2.427 kegiatan. Sangat jauh selisihnya," terang Syamsuar. ***