PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar dalam waktu dekat ini akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tingkat Provinsi Riau ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Kami akan mengajukan PSBB Riau ke Kemenkes. Saat ini proposalnya sedang disusun," kata Gubri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jumat (1/5/2030).

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, bahwa pengajuan PSBB tingkat provinsi ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil kajian dari para ahli medis dan kajian ahli epideomologi. Salah satunya terkait fakta bahwa kondisi Riau saat ini rawan Covid-19 karena berbatasan langsung dengan dua provinsi tetangga yang tingkat kasus Coronanya melebihi angka seratus kasus, yakni Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut).

"Makanya nanti dalam proposal pengajuan PSBB Riau ini akan kami lampiran hasil kajian dari para ahli medis dan ahli epidemiologi untuk pertimbangan Kemenkes," jelasnya.

Setakat ini, kata Gubri, rencana pengajuan PSBB tingkat provinsi ini telah mendapatkan dukungan penuh dari seluruh tim gugus tugas Covid-19 yang ada di 12 kabupaten dan kota se-Riau.

"Jadi seluruh daerah di Riau akan menjadi fokus penanganan Covid-19. Makanya kami bakal mengajukan PSBB tingkat provinsi. Semua sudah disiapkan, termasuk anggarannya untuk kabupaten dan kota," ujarnya. ***