SELATPANJANG - Dengan menggandeng Badan Narkotika Kabupaten (BNK), Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Kepulauan Meranti minta seluruh pegawai dan honorer dilingkungan Pemkab Meranti untuk dilakukan tes urine.

Selain pegawai dan honorer Pemkab Meranti, tes urine juga diminta kepada seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hal itu dipaparkan Ketua DPC-Granat Kabupaten Kepulauan Meranti, Darma Citara setelah pulang dari Pekanbaru dan bertemu langsung dengan Gubernur Riau, Syamsuar usai menghadiri kegiatan Milenial Anti Narkoba beberapa waktu lalu.

"Ini menindaklanjuti Intruksi Gubernur Riau saat bertemu dirumahnya kemarin, kami seperti mendapat tantangan dari Gubernur Riau untuk membantu program pemerintah dalam memberantas Narkoba, khususnya diwilayah Meranti yang bedekatan langsung dengan negara jiran Malaysia," ujarnya.

Ads
Dengan begitu, berharap dukungan yang serius dari Pemda Kepulauan Meranti serta saran dari tokoh masyarakat pihak-pihak terkait dalam melakukan sosialisasi serta pengawasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu.

"Untuk mengurangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika atau Narkoba merupakan peran seluruh masyarakat. Kemudian yang sangat penting itu dukungan dari pihak terkait dan dan tokoh-tokoh terutama Pemda Meranti. Yakinlah dengan bersama-sama kita bergerak, dengan seiring waktu pasti akan diketahui bandar-bandar dan siapa yang terlibat dalam menjalankan bisnis haram tersebut," pintanya.

Putra kelahiran Meranti itu juga menyebutkan, akan mempersiapkan program kegiatan sosialisasi, serta pengawasan dikalangan pelajar, masyarakat, maupun pegawai dilingkungan Pemda Meranti.

"Selain melakukan tes urine Granat juga akan mengadakan kegiatan sosialisasi di beberapa titik. Semoga niat baik Granat Meranti kedepanya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan intimidasi dari pihak-pihak tertentu," harapnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Jumat (15/3/2019) mengatakan pihaknya mendukung penuh dengan apa yang dilakukan oleh Granat Kepulauan Meranti. Menurut Irwan pula, keberadaan Granat yang sudah puluhan tahun di kota sagu itu tentu sangat diharapkan dalam upaya pemberantasan narkotika.

"Saya rasa ini gerakan yang cukup bagus, Granat harus bersungguh-sungguh dan jangan jadikan kepentingan tertentu," kata Irwan.

Terkait Granat menggandeng BNK dan akan meIakukan tes urine terhadap pegawai maupun honorer, Irwan menuturkan kegiatan yang positif diminta agar segera dilaksanakan.

"Ikan sepat ikan gabus, ikan dau ikan lele, lebih cepat lebih bagus dan tidak bertele-tele," canda Irwan sambil tersenyum.

Terpisah, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan SE mengungkapkan hal yang sama, pihaknya juga mendukung gerakan yang dilakukan oleh Granat.

"Itu gerakan yang cukup bagus dalam upaya pencegahan, apalagi melakukan tes urine terhadap pejabat maupun pegawai honorer. Terutama bagi caleg maupun para CPNS," tuturnya.

Selain itu, kata Fauzi Hasan dalam upaya pemberantasan narkoba sangat dibutuhkan kerjasama dari pihak terkait baik aparat hukum, pemerintah mau masyarakat.

"Harus saling bersinergi antara satu pihak dengan pihak, karena pemberantasan narkoba itu harus dilakukan upaya pencegahan terlebih dahulu," katanya.

Ia juga menuturkan, apalagi saat ini ancaman narkoba ke generasi muda semakin berbahaya bahkan sebagian besar penghuni lapas merupakan napi yang terjerat kasus narkoba.

"Jadi, mari sama-sama kita bahu membahu dan ikut andil dalam pemberantasan narkoba di Kabupaten Kepulauan Meranti ini," ajaknya.***