TELUKKUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kuansing periode 2019-2024 dalam sidang pleno yang digelar pada Sabtu (10/8/2019).

Dimana, ada 35 orang calon terpilih yang akan dilantik pada September mendatang. Dari 35 orang tersebut, ada satu orang yang tergolong paling beruntung.

Adalah Syafril, Ketua PKS Kuansing. Kenapa beruntung? Sebab, untuk duduk sebagai wakil rakyat harus mendapat suara yang banyak. Bahkan, ada yang mendapat ribuan suara, tapi tidak duduk.

Sementara, Syafril yang maju di Dapil I Kuansing, hanya meraup 751 suara pada Pileg 2019. Itu suara pribadinya. Suara PKS Dapil I mencapai 3.253 suara. Dengan pola Sainte Lague, maka PKS dapil I mendapat satu kursi di DPRD Kuansing.

Irwan Yuhendi, Ketua KPU Kuansing menyatakan pleno penetapan calon terpilih anggota DPRD Kuansing telah usai. Tahapan selanjutnya, KPU Kuansing akan mengirimkan rekomendasi pelantikan kepada Gubernur Riau.

"Rekomendasi akan kita sampaikan melalui Bupati Kuansing," ujar Irwan.

Adapun 35 Anggota DPRD Kuansing periode 2019-2024, yakni:

Dapil I (Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan Benai)1. Andi Putra (Golkar)2. Juniwarti (PDIP)

3. Darmizar (PPP)4. Muslim (Nasdem)5. Agung Rahmat Hidayat (PKB)6. Gusmir Indra (Gerindra)7. Aprison (PAN)8. Romi Alfisah Putra (Golkar)9. Syafril (PKS)10. Weri Naldi (Demokrat).

Dapil II (Pangean, LTD, Kuantan Hilir, KHS, Inuman dan Cerenti)1. Sastra Febriawan (Golkar)2. Jepriadi (PAN)3. Zulhendri (PPP)4. Solehudin (Gerindra)5. Riko Nanda (Nasdem)6. Aswimar (PKB)7. Darwis (Hanura)8. Adam (Golkar)9. H. Suprigianto (PKS)10. Maspar Mahmur (PAN)11. Jefri Antoni (Demokrat).

Dapil III (Gunung Toar, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau)1. Hamzah Alim (Demokrat)2. Azrori Analke Apas (PPP)3. Gamar Harsum (Nasdem)4. Juprizal (Gerindra)5. Erdizal Is (PKB)6. Satria Mandala Putra (PDIP)

Dapil IV (Singingi dan Singingi Hilir)1. H. Sutoyo (Golkar)2. Mahmudi (PDIP)3. Fedrios Gusni (Demokrat)4. Hisron (Gerindra)5. Jhon Sihombing (Nasdem)6. Hengki Rustop (PAN)7. Naswan (PPP)8. Endri Yupet (Golkar).***