PEKANBARU - Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, membuka Latihan Satuan Bido Gesit tahun 2019 di Appron Baseops, Senin (11/3/2019).

Ronny mengatakan, seluruh para pelaku latihan melaksanakan rangkaian latihan dengan serius yang dilandasi dengan disiplin yang tinggi, profesionalme serta kepedulian akan keselamatan terbang dan kerja.

“Pada hakekatnya pelaksanaan latihan Bido Gesit 2019 ini merupakan implementasi dari kemampuan Lanud Roesmin Nurjadin dalam menghadapi tugas-tugas dimasa kini dan masa yang akan datang,” ujar Ronny, Selasa (12/3).

Ronny juga menyampaikan empat poin penting, yang harus dipedomani oleh seluruh peserta latihan, agar latihan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Ronny berharap prajurit elaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Ads
"Jadikan latihan Bido Gesit ini sebagai wahana dalam menguji kemampuan tiap-tiap jajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berlatih dengan penuh semangat dengan tetap mengutamakan keselamatan terbang dan kerja," kata Ronny.

Selain itu, dia juga meminta prajurit mengembangkan taktik dan teknik selama latihan berlangsung dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku. Juga terus melaksanakan koordinasi antar satuan jajaran dengan melakukan perencanaan latihan dengan secermat-cermatnya.

Sementara itu, Komandan Latihan Bido Gesit Mayor Pnb Putut Hanggiro mengatakan, bahwa latihan dilaksanakan pada siang dan malam hari yang berbeda dengan latihan sebelumnya. Itu melibatkan seluruh unsur jajaran yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin.

Putut mengatakan, materi latihan yang akan diikuti seluruh peserta adalah, penanggulangan kebakaran, penanganan emergency Hawk 200, penanganan emergency F-16,Close air support (CAS), Sar Tempur Heli EC-725 /HT-7202, pertahanan pangkalan, interception oleh 2 F-16 Bulsi 1 F-16 dan penanganan Forced Down.

Latihan Satuan Bido Gesit akan dilaksanakan selama 4 hari mulai hari Senin, 11 hingga Kamis (14/3). Pada upacara pembukaan latihan Satuan Bido Gesit dihadiri para kadis, komandan satuan dan para pejabat Lanud Rsn. (gs1)