SELATPANJANG - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, memimpin kegiatan musyawarah antar desa (MAD), pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kecamatan Pulau Merbau, kegiatan dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat tersebut dipusatkan di Kantor Camat Pulau Merbau, Desa Renak Dungun, Rabu (23/12/2020).

Turut hadir mendampingi Sekda Kamsol, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Auzir, Kadis Perikanan Meranti, Eldy Syahputra, Kabag Ekonomi, H Abu Hanifah, Kabag Hukum, Sudandri Jauzah, Sekretaris BPMDPD, H Edy M Nur, Kapolsek Tebingtinggi Barat, Iptu Simamora, para kades se-Kecamatan Pulau Merbau, tokoh masyarakat/agama dan lainnya.

Kedatangan Sekda Kamsol dan rombongan di Kecamatan Pulau Merbau langsung disambut oleh Camat Pulau Merbau, Atan Ibrahim dan forum komunikasi kecamatan. Yang langsung menggiring ke lokasi acara di Aula Kantor Camat Pulau Merbau.

Seperti diketahui, BUMDes adalah salah satu pilar kesejahteraan bangsa, karena merupakan usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

Oleh karena itu dengan besarnya manfaat BUMDes bagi masyarakat desa dalam penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, dihadapan hadirin Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia pun berharap dengan adanya BUMDes ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat agar lebih mandiri.

"Semoga dengan adanya BUMDes ini masyarakat dapat mengembangkan berbagai usaha yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat agar, sehingga masyarakat dapat berdikari dengan sendiri nya. Agar tujuan ini dapat tercapai BUMDes dapat melakukan pelatihan-pelatihan usahaan sebagai modal dasar masyarakat berkreasi," ujar Sekda Kamsol. 

Lebih jauh disampaikan Sekda Kamsol, BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir. Peran dari hulu misalnya, BUMDes bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai bantuan dari Pemda dan Pusat. Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa.

Dan yang tak kalah penting melalui BUMDes juga bisa bermitra dengan perbankan untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini dikelola oleh perbankan pemerintah dan sebagian perbankan swasta.

Selanjutnya Sekda Kamsol berharap BUMDes  di Kecamatan Pulau Merbau ini bisa menjadi pendorong ekonomi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Kecamatan Pulau Merbau. Dengan managemen yang baik dan tertata Sekda yakin BUMDes Pulau Merbau nantinya mampu membuka pelang lebih luas untuk masyarakat dengan melahirkan banyak usahawan Desa yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sehingga upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan di Meranti berhasil.

Kegiatan ditutup dengan acara Silahturahmi antara Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti dan rombongan bersama Aparatur Kecamatan, Desa, tokoh masyarakat lainnya.(rls)