JAKARTA -- Bila Anda berusia 40 tahun atau lebih merasakan penglihatan mulai berkurang, kemungkinan mata Anda sudah mengalami katarak.

Dikutip dari Kompas.com, katarak dimasukkan ke dalam daftar penyakit karena efek penuaan, karena gangguan mata ini biasanya mulai terjadi ketika memasuki usia 40 tahun.

Katarak adalah gangguan mata ketika lensa mata tak lagi jernih, menjadi keruh dan tertutup selaput awan. Penyakit ini datang perlahan-lahan, dengan gejala awal yang terkadang tak terdeteksi dan tak dirasakan oleh penderitanya.

Medical News Today melansir,  ketika lensa mata sudah berkabut maka cahaya tak bisa memasuki mata dengan maksimal, sehingga penglihatan pun akan semakin kabur. 

Jenis-jenis katarak

Katarak terbagi menjadi beberapa jenis dibedakan menurut penyebabnya. 

1. Katarak karena proses penuaan

Kebanyakan kasus katarak disebabkan karena proses penuaan, sehingga penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang tak bisa dihindari. 

Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Johns Hopkins Medicine, diperkirakan di tahun 2050 akan ada 50 miliar penduduk Amerika Serikat yang akan menderita katarak.

Semakin banyak lansia, akan semakin tinggi angka penderita katarak.

2. Katarak karena kelainan bawaan

Beberapa bayi terlahir sudah membawa katarak, meski sebagian katarak menganggu penglihatan mereka dan sebagian lagi tidak.

3. Katarak karena efek penyakit

Disebut pula secondary cataract atau katarak yang disebabkan oleh efek samping dari berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan pengonsumsian obat-obatan steroid.

4. Katarak karena trauma

Jenis katarak terakhir adalah gangguan mata yang terjadi karena luka trauma, seperti misalnya terjatuh atau terkena benturan. 

Katarak atau gangguan mata bisa langsung muncul saat itu juga selepas benturan terjadi, atau terbentuk setelah beberapa tahun kecelakaan terjadi.

Tanda-tanda katarak di usia 40 tahun

Katarak karena proses penuaan biasanya sudah mulai mendatangi kita di usia 40 tahun.

Di fase awal, katarak tidak menimbulkan banyak masalah, sehingga beberapa orang belum menyadari kalau kedua matanya sudah membawa ''bakat'' katarak.

Salah satu gejala katarak di usia 40 tahun adalah adanya pandangan ganda.

Meski begitu, gejala-gejala katarak tetap ada pada beberapa orang. Berikut ini gejala yang mungkin timbul:

- Pandangan yang tak jelas atau blur.- Gangguan penglihatan di malam hari.

- Sensitif terhadap cahaya atau kilau sinar.

- Meski sensitif terhadap cahaya, namun membutuhkan lebih banyak cahaya ketika harus membaca.

- Melihat lingkaran halo di suatu sumber cahaya.

- Pandangan ganda.

- Warna yang terlihat semakin memudar, lebih cenderung menguning.

Ketika Anda sudah memiliki gejala-gejala tersebut di usia 40 tahun, Anda harus segera menghentikan kebiasaan yang bisa menjadi faktor pencetus parahnya katarak, seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan berada terlalu lama di terik matahari siang hari. 

Kemudian lakukan pengecekan mata secara rutin, mengenakan kaca mata sesuai kondisi mata dan mengonsumsi obat-obatan yang digunakan menekan berbagai penyakit yang bisa memperparah katarak.***