KAMPAR - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Sumber Makmur, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau Rabu (13/3/2019). Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi kebangsaan bersama pimpinan pondok pesantren, santri, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kedatangan Panglima TNI bersama Kapolri dan rombongan ini disambut lansung oleh pimpinan Pondok Pesantren KH Ismartoyo beserta Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf. Aidil Amin SIP dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Nurahmi yang mewakili Bupati Kampar.

Dan terlihat hadir Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution, Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/ Wirabima Brigjen TNI M. Fajar SIP serta Danlanud Rusmin Nurjadin Marsekal Pertama Ronny Moningka.

Dalam pidato kebangsaan yang dilangsungkan di halaman Pondok Pesantren Nurul Iman, Panglima TNI menyampaikan, bahwa di sekolah pesantren adalah samuderanya ilmu.

Selain itu, ia juga mengatkan bahwa ulama dan santri sangatlah memiliki peranan penting untuk kemajuan bangsa. Kompaknya ulama dan umaroh adalah modal dasar sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dan ia juga menyampaikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dan anak bangsa tidak kalah kemampuannya dengan bangsa lain, hal ini telah dibuktikan dalam beberapa kompetisi olimpiade ilmu pengetahuan tingkat Internasional. Di mana pelajar Indonesia sering menjuarainya.

Lebih lanjut Panglima TNI ini menyampaikan, kemajuan teknologi yang pesat belakangan ini khususnya di bidang informasi telah merubah peradaban manusia. Banyak hal positif, namun juga ada dampak negatifnya. Dan mudahnya mendapatkan informasi kadangkala dimanfaatkan pihak tertentu untuk hal negatif seperti penyebaran berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kerukunan masyarakat.

"Oleh karena itu, saya berharap agar kita lebih bijak dalam menerima informasi serta selalu membina silaturahmi untuk memperat persatuan dan kerukunan masyarakat," tegasnya.

Pada kesempatan ini, ia memberikan motivasi kepada para santri supaya rajin menuntut ilmu, sehingga kelak menjadi manusia yang unggul dan berakhlak mulia.

Diketahui sebelum ke Pondok Pesantren Nurul Iman, Panglima TNI bersama Kapolri dan rombongan melakukan peninjauan Karhutla di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis dengan menggunakan helikopter TNI. ***