PEKANBARU – Harga tiket kapal di Pelabuhan Sungai Duku mencapai batas maksimal meski surat permohonan penyesuaian tarifnya belum mendapatkan persetujuan dari Gubernur Riau. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku, Etria Idrusalam, Senin (3/10/2022).

Ia menyebut, pengajuan penyesuaian tarif ini sudah diajukan sebelum harga BBM naik. Karena operator kapal mengaku sudah keberatan dengan biaya operasional kapal.

"Sebenarnya asosiasi kapal ini sudah membuat surat kepada dewan, karena mereka tidak bisa lagi mengejar (keuntungan) dengan harga tiket lama, tetapi (surat) masih dalam proses. Terjadilah kenaikan BBM kemudian, sehingga mereka tidak sanggup lagi, dan menyepakati menggunakan tarif batas maksimal harga tiket yang diatur dalam Pergub," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini harga tiket Jelantik mencapai Rp160 ribu dan harga tiket kapal menuju Selat Panjang mencapai Rp235 ribu.

"Surat pengajuan itu kabarnya masih dibidang hukum. Untuk pengesahannya hingga ke tangan Gubernur Riau kan memang panjang prosesnya. Sebenarnya tidak boleh (sudah menaikkan harga), tetapi daripada kapal tidak bisa jalan," jelasnya.

Sementara itu, terkait bagaimana proses selanjutnya, Etria mengatakan pihaknya menunggu pengesahan penyesuaian harga tiket kapal. Ada kemungkinan, harga tiket itu akan diturunkan lagi sebelum disahkan.

"Kalau surat itu sudah turun, nanti kita akan atur lagi. Mungkin bisa turun, dan tidak mungkin akan lebih tinggi harganya. Mudah-mudahan bisa sesuailah," jelasnya. ***