SIAK SRI INDRAPURA - Pelajar SMAN 1 Siak, M Rofiudin masuk sebagai penerima beasiswa dari Program Indonesia Pintar (PIP). Pelajar yang bercita-cita jadi Menteri Pendidikan ini mengaku sangat merasakan manfaat dari beasiswa PIP tersebut.

"Program Indonesia Pintar  sangat bermafaat bagi saya seperti untuk biaya sekolah, beli buku, baju sekolah dan keperluan lainnya" kata M Rofiudin disela acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di pentas Siak Bermadah, Minggu (10/3/2019).

Rofi menyampaikan manfaat dana Beasiswa PIP itu kepada Sekjend Kemendikbud. "Terimakasih kepada perintah, semoga  program ini dapat terus berlanjut sehingga membantu  masyarakat yang kurang mampu," imbuhnya.

Saat ditanya cita-cita oleh Sekjend Mendikbud, Didik Suhardi, Rofi menjawab dengan lantang ingin menjadi Menteri Pendidikan. Jawaban itu disambut tepuk tangan seluruh  pejabat yang hadir. "Mudah-mudahan cita-cita ananda kita ini bisa terwujud," kata Sekjend Kemendikbud.

Masih kata Didik, kedepan harus ada dari Siak ini lahir seorang menteri, yang bisa membawa harum negeri istana ini.

Atas pengakuan yang sangat berani itu, Rofi diberi hadiah sepeda yang langsung diserahkan oleh Sekjend Kemendikbud. 

Menurut Plt Bupati Siak Alfedri, mengatakan pihak Kemendikbud memberikan bantuan untuk Kabupaten Siak sebesar Rp 236,5 miliar tahun Anggaran 2019. Nilai bantuan tersebut diberikan tergantung usulan dari masing-masing daerah.

"Alhamdulillah Pemkab Siak menerima bantuan dari Kemendikbud sebanyak Rp 236.5 milyar," kata Alfedri dihadapan petinggi Kementerian dan Wagubri Edy Natar Nasution.

Kata Alfedri, bantuan tersebut dialokasikan untuk Program Indonesia Pintar, dana BOS, tunjangan khusus guru dan lain-lain.

Dengan rincian;  Program Indonesia Pintar Rp 14.1 M, dana BOS Rp 100 M, DAK fisik SD dan SMP Rp 19.4  M, tunjangan khusus guru Rp 10 M, tunjangan profesi guru Rp 80.1 M, tambahan penghasilan guru Rp 1.7 M, bantuan operasional Paud Rp 8.3 M, bantuan operasional kesetaraan Rp 1 M, dan BOP Museum dan Taman Budaya Rp 450 juta.

Pada kesempatan itu diserahkan secara simbolis Penyerahan Kartu Indonesia Pintar ( KIP) kepada pelajar SD, SMP, SMA. Dan masing masing sekolah menerima sebanyak 250 kartu. Dengan nilai Rp 450 ribu untuk SD, Rp 750 ribu untuk SMP, dan untuk SMA Rp 1 juta. ***