BAGANSIAPIAPI - Untuk mempersiapkan personil dan pengoperasionalkan peralatan dalam menghadapi Karhutla, Rabu (27/10/ 2021) jam 14.30 WIB digelar apel Kesiapsiagaan Karhutla.

Apel digelar di Lapangan Kantor Camat Bangko, Jalan Pelabuhan Baru, Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, Riau. Hadir juga Camat Bangko Raja Rijalul Fikri SE, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Danramil 01 Bangko Kapten Tayung Chan, Kepala Puskesmas Bagansiapiapi dr Erwinto, Kepala Puskesmas Bagan Punak dr Romi.

Selain itu juga hadir seluruh Lurah dan Penghulu se-Kecamatan Bangko dan perangkat desa, Bhabinkamtibmas Polsek Bangko dan Bhabinsa se-Koramil 01 Bangko, Perwakilan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari Kelurahan dan Kepenghuluan dan perwakilan PT. Diamond Raya Timber.

Camat Bangko Raja Rijalul Fikri menyebutkan, kesiapsiagaan dalam menghadapi musim kemarah dan menghadapi ancaman Karhutla perlu diadakan.

GoRiau Pemeriksaan peralatan.
Pemeriksaan peralatan.

"Sekecil apapun informasi itu, hendaknya dapat diketahui dan terpantau, mari kita bekerjasana dan siaga menghadapi karhutla ini, " ucap Raja Rijalul Fikri.

Usai apel Camat Bangko Raja Rijalul Fikri SE didampingi Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH dan Dan Ramil 01 Bangko Kaoten Inf Tayung Chan melakukan pemeriksaan sarana prasarana peralatan pemadaman Karhutla.

Adapun peralatan yang tersedia berupa 10 unit mesin air lengkap dengan nozel, selang air dan selang isap milik Polsek Bangko, Koramil 01 Bangko, MPA dan PT. Diamond.

Selanjutnya 4 unit sambunesia milik Koramil 01 Bangko, 30 unit kenderaan roda dua milik Bhabinkamtibmas Polsek Bangko, Babinsa 01 Bangko dan Kepenghulu di Kecamatan Bangko. 3 unit kenderaan roda empat milik Polsek Bangko,Kormil 01 Bangko dan Kecamatan Bangko.

Camat Bangko, Kapolsek Bangko dan Koramil 91 Bangko berharap cepat tanggap bila ada informasi terkait karhutla. Terkhusus di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Labuhan Tangga Besar, Labuhan Tangga Hilir, Labuhan Tangga Baru, Serusa dan Kepenghuluan lainnya .

Sementara itu terpisah Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik didampingi Kasubbag Humas Polres Rohil AKP Juliandi Narko SH menyebutkan pihaknya meminta agar personil selalu mencek situasi di lapangan agar tidak kecolongan.

"Untuk itu kita berharap agar selalu mengontrol situasi di wilayahnya mengingat beberapa minggu yang lalu sempat terjadi karhutla,'' harap Kapolres Rohil. ***