SIAK - Bupati Siak Alfedri sangat mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 di Kabupaten Siak. Untuk itu ia meminta peran aktif masyarakat agar mau divaksinasi bagi yang belum dan segera mendatangi puskesmas setempat karena saat ini persediaan dosis sudah ada di kecamatan masing-masing.

Dikatakan Alfedri, varian baru Omicron disebut-sebut sangat cepat penyebarannya jadi ketika masyarakat Siak semuanya sudah divaksin, maka keuntungan pertama adalah memiliki antibodi yang kuat.

"Kabupaten Siak ini salah satu wilayah lintasan antar kota dan provinsi, kita sangat mengkhawatirkan masuk varian baru ini di Siak. Makanya kami terus mengingatkan masyarakat untuk segera divaksini, jangan sampai nanti tertular oleh Covid-19 varian baru ini," kata Alfedri.

Selain itu juga, kesadaran masyarakat untuk mau divaksin ini akan membantu pemerintah mencpai target vaksinasi di Kabupaten Siak hingga 70 persen pada akhir tahun 2021 ini.

"Target vaksinasi kita per hari harus 1.100 dosis. Dan kami baru meninjau di Kecamatan Bungaraya sudah 56 persen cakupan vaksinasinya pada Rabu lalu. Untuk daerah lain saya mengimbau kepada masyarakat agar datang ke tempat pelayanan vaksinasi," kata Alfedri.

Selain itu, Alfedri juga meminta kepada petugas vaksin agar mendahulukan Lansia dan kaum difabel, karena mareka butuh pelayanan ekstra dengan baik. "Alhamdulillah di Kecamatan Bungaraya warga antusias yang ikut. Kita doakan semoga target vaksinasi kita di akhir Desember 2021 tercapai 70 persen," harapnya.

Ia juga mengajak masyarakat yang belum vaksinasi segera mendapatkan dosis vaksin baik dosis pertama maupun kedua. "Kami berharap peran serta dari masyarakat agar mengajak keluarga ataupun warga lainnya yang belum divaksin segera ikut vaksinasi," imbaunya. (Iwa)